KPU Kabupaten Mojokerto Mengelar Rapat Pleno

Mojokerto.SorotIndoMedia.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto menggelar Rapata Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Mojokerto, di Gedung Pertemuan KPU Mojokerto jalan R.A.A. K.Adinegoro Nomor 1-2 Sooko Mojokerto, selama dua hari dimulai Sabtu (27/4) hingga besuk Minggu ( 28 /4/ 2019).

Pembukaan Rapat Pleno Terbuka tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, (27/4/ 2019) mulai jam 10.00 Wib dan berakhir pada jam 11.00 Wib. Hadir pada acara pembukaan itu Ketua KPU Kab.Mojokerto Ayuhan Nafiq berserta anggota komisioner yang lain yaitu Heru, Arif, Vicky dan Supen.

Dari jajaran Forkopimda hadir diantaranya Ketua DPRD Kab. Mojokerto H.Ismail Pribadi, Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, Kasi Intel Kejari Mojokerto Nugroho mewakili Kajari Rudy Hartono, Pasi Intel Kodim Mojokero Beni Irawan mewakili Dandim yang berhalangan hadir dan Kabag Pemerintahan Rahmad Widianto mewakili Wabub Mojokerto Pung Kasiadi yang juga berhalangan hadir.

Acara pembukaan dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia “Indonesia Raya”, dilanjutkan dengan lagu Jingle Pemilu. Diteruskan Sambutan Ketua Panitia Penyelenggara Heru Sekretaris KPU Kabupaten Mojokerto, Sambutan Ketua KPU Kabuparten Mojokerto, Sambutan Kapolres Mojokerto dan sebelum ditutup diakhiri dengan pembacaan do’a.

Ketua KPU dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, diantaranya Penyelenggaraan Rapat Pleno Terbuka KPU Kabupaten Mojokerto ini merupakan Rapat Pleno yang pertama kali diantara KPU-KPU Kab/Ko se-Jawa Timur, ini bisa terjadi oleh karena hasil kerja sama yang baik dan sinergis diantara KPU, PPK, PPS, KPPS, Bawaslu, Panwascam, Panwas PPS, Panwas TPS, Pam baik Polri dan TNI serta dukungan yang baik dari segenap masyarakat Mojokerto.

Pemilu 2019 ini merupakan Pemilu terberat dalam sejarah Penyelenggaraan Pemilu selama ini, setiap pemilih harus mencoblos 5 ( lima ) surat suara secara serentak dibilik suara, Surat suara untuk Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota.

Pekerjaan yang menguras tenaga dan menyita waktu yang sangat melelahkan dan menghabiskan waktu khususnya bagi KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) yang bekerja di TPS.

Ada TPS yang menyelesaikan tugasnya sampai subuh dini hari. Tapi Alhamdulillah semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar, tanpa adanya gangguan yang berarti.

,”Untuk itu saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas semangat dan pengabdiannya untuk tugas negara,” kata Ketua KPU Mojokerto .

Lebih lanjut ketua KPU menyampaikan, rapat Pleno terbuka ini Kami selenggarakan sebagai kuwajiban melaksanakan tahapan Pemilu 2019, setelah kami menerima laporan PPK berupa Format DA hasil perhitungan suara di Tingkat Kecamatan dan sekaligus pengesahan dan penetapan hasil Pemilu Tingkat Kabupaten Mojokerto,”ungkap Ayuhan Nafiq.

Sementara Kapolres Mojokerto AKBP Setyo koes H juga menyampaikan, kami sebagai penanggung jawab keamanan, beserta TNI mengamankan dan menjaga agar demokrasi berjalan dengan baik dan aman demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Jelasnya.

,”Mohon maaf kepada semua warga masyarakat Mojokerto, jika ada yang merasa kurang enak atau tidak nyaman. Karena pengamanan ini dilakukan sesuai dengan protap. Kami mengawal pesta demokrasi Pemilu 2019 sampai diumumkannya para paslon dan caleg terpilih,”kata Kapolres.

,”Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi semua pihak agar rapat pleno terbuka in berjalan dengan baik, lancar dan aman. Kami Polri dan TNI tetap pada posisi netral, ujar Kapolres mengakhiri sambutannya.

Acara Pembukaan Rapat Pleno tersebut dihadiri juga oleh para Pimpinan dan Angggota Bawaslu Kabupaten Mojokerto dibawah komando Ketuanya Aris. Hadir juga Para PPK. Panwascam, Saksi-saksi dari Parpol, DPD dan Paslon Pilpres. Masing-masing diberi kesempatan mengirimkan maksimal empat orang saksinya.

Ada yang menarik dalam acara pembukaan Rapat Pleno Terbuka itu, dengan diadakannya sesi Deklarasi Saksi, yang dibaca/diikrarkan oleh para saksi yang isi pokoknya, adalah Bersedia dengan lapang dada menerima apapun hasil Pemilu 2019.

Acara dilanjutkan penandatangan naskah deklarasi , tampak saksi dari Paslon Pilpres No.01 Munandar, dari Paslon 02 Imam Pribadi, dari DPD Najib Hamid bu Umi/bu Aris, dari PDIP Sugeng, P.Demokrat Nadjib, P Gerindera Shodiq, PKB Thoyib, PPP Machradji Machfud, dari Perindo Usman.

Setelah acara pembukaaan selesai, dilanjutkan dengan penghitungan suara, kali ini pleno dipimpin oleh Komisioner KPU Kab.Mojokerto Arif. Penghitungan suara dimulai dari PPK Kecamatan Jatirejo. Ketua PPK maju kedepan didampingi seorang anggota PPK didampingi Ketua Panwascam membacakan Format DA1 mulai dari Pilpres , DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota. Selesai PPK Jatirejo diteruskan dengan PPK Gondang. Begitu seterusnya. Sampai berita ini disajikan, Rapat Pleno Terbuka masih berlangsung. (Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *