Pembuat Bata Merah ,Menemkan Situs Kerajaan Majapahit

MOJOKERTO. SorotIndoMedia.com Situs purbakala peninggalan kerajaan Majapahit berbentuk pagar bangunan kuno yang berusia puluhan abab ,ini di temukan Warga Dusun Bendo ,Desa Kumitir Jatirejo Kabupaten Mojokerto.
Bangunan kuno ini di temukan salah satu seorang Mukhlison (46)saat dia bekerja sebagai pembuat batu bata ringan di lahan yang dia bekerja selama dia mengalih dengan kedalaman 1 meter berbentuk pagar ,

setelah menemukan situs ini, akhirna Muchlason melaporkan ke pihak Purbakala (Balai Pelestarian Cagar Budaya/BPCB Jatim).

“Awalnya kelihatan seperti pondasi rumah, saya gali terus kelihatan seperti pagar. Dalamnya masih ada, bangunan ini sangat membentang cukup panjang. panjangnya kira – kira mencapai 21 meter membentang dari arah selatan ke utara. Tebal bangunan ini mencapai 110 cm.” Ujar Muchlason.

Arkeolog BPCP Jatim saat itu juga langsung turun ke lokasi untuk meninjau langsung perihal penemuan situs tersebut. Arkeolog BPCB Jatim membenarkan bahwa “Struktur purbakala ini berbentuk pagar. Salah satunya dibuktikan dengan adanya bagian tonjolan yang lebih tebal 20cm dibandingkan bangunan untama. Lebar setiap tonjolan mencapai 110 cm. Dan Jarak antara tonjolan 445 cm.” (Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *