Dandim 0815 Ajak Santri Tanamkan Semangat Bela Negara

MOJOKERTO. SOROTINDOMEDIA.COM– Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., menjadi pemateri wawasan kebangsaan di Ponpes Riyadlul Jannah, Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (17/09/2019) malam.

Disiplin itu harus ditumbuhkan dari dalam hati agar tidak bersifat paksaan. Dengan disiplin tersebut hidup lebih teratur dan lebih baik. Demikian disampaikan Dandim 0815 dalam pengantar materinya.

“Semangat disiplin, patriotisme, nasionalisme dan cinta tanah air merupakan hal yang sangat mendasar dan harus selalu terjaga dalam segala kondisi, apapun profesi kita”, tandasnya.

Dalam materi Wasbang bertajuk “Bela Negara Dalam Perspektif Strategi dan Kebijakan Pertahanan Negara”, Dandim menegaskan, bela negara merupakan hak dan kewajiban semua warga negara yang memiliki jiwa cinta tanah air, patriotisme dan semangat nasionalisme.

“Sikap patriotisme dan nasionalisme, yaitu sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya, yang dilandasi semangat cinta tanah air,” jelasnya.

Sementara, lanjutnya, kesadaran bela negara merupakan sesuatu yang esensial dan harus dimiliki setiap Warga Negara Indonesia, sebagai wujud penunaian hak dan kewajiban dalam upaya bela negara.

“Kesadaran bela negara menjadi modal dasar sekaligus kekuatan bangsa, dalam rangka menjaga keutuhan, kedaulatan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia”, paparnya.

Dihadapan 200-an santri, Dandim juga mengupas tentang Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara atau yang dikenal juga dengan Empat Pilar Kebangsaan, yang harus terus dijaga dan diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Di akhir materinya, Dandim menegaskan, peran warga negara, pertama sebagai garda bangsa yakni merupakan kekuatan bangsa, benteng bangsa dan kekuatan nasional; kedua sebagai generasi penerus bangsa berperan menentukan masa depan bangsa dan negara, serta sebagai dinamisator dan stabilisator; ketiga sebagai kader pemimpin bangsa, berperan sebagai agent of change (agen perubahan), pemikir bangsa, pengawal bangsa dan negara.

Usai pemberian materi, dilanjutkan penandatangan MoU tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) antara Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, S.H., dengan Ponpes Riyadlul Jannah Pacet KH. Mahfudz Syaubari, MA.

Tampak hadir dalam kegiatan, antara lain Pasiter Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono,
Danramil 0815/16 Pacet, Gus Muhammad Yusuf Misbah beserta
Pengurus Ponpes Riyadlul Jannah Pacet, Dewan Guru dan Pembina Ponpes Riyadlul Jannah Pacet.(Dim/Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *