Dandim 0815 : MPLS Wahana Tanamkan Displin Dan Semangat Bela Negara

MOJOKERTO. SorotIndoMedia.com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru merupakan kegiatan rutin di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut peserta didik baru.

MPLS ini merupakan wahana untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah, tidak terkecuali di Mojokerto.

Hal tersebut diungkapkan Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., melalui release tertulisnya, di Mojokerto, Senin (22/07/2019).

Lebih jauh Dandim menuturkan,
disiplin itu harus ditumbuhkan dari dalam hati agar tidak bersifat paksaan. Jadi, semangat disiplin, patriotisme, nasionalisme dan cinta tanah air merupakan hal yang sangat mendasar dan harus selalu terjaga dalam segala kondisi, apapun profesi kita.

“Selama MPLS, Kodim 0815 Mojokerto telah menerjunkan para Danramil bersama segenap anggota di sekolah, mulai tingkat SMP/MTs, hingga SMA/SMK/MA termasuk pondok pesantren di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto,” ungkapnya.

Lebih jauh Dandim menegaskan, selama MPLS ini, Anggota TNI dari Kodim 0815 ditugaskan untuk
memberikan pembekalan materi kedisplinan (PBB) dan Wawasan Kebangsaan. Materi ini sangat penting diberikan untuk membangkitan sikap disiplin, patriotisme dan nasionalisme serta menggugah kesadaran bela negara
yang merupakan modal dasar sekaligus kekuatan bangsa, dalam rangka menjaga keutuhan, kedaulatan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia”, tandasnya.

Sebelum mengakhiri wawancaranya, Dandim mengingatkan, peran warga negara, pertama sebagai garda bangsa, kedua sebagai generasi penerus bangsa dan ketiga sebagai kader pemimpin bangsa, berperan sebagai agent of change (agen perubahan), pemikir bangsa, pengawal bangsa dan negara.

Pantauan di lapangan, untuk mengisi kegiatan MPLS ini tidak hanya para Danramil, namun juga dilakukan para Perwira Staf, bahkan Dandim sendiri. Seperti di Ponpes Riyadul Jannah Pacet, Kabupaten Mojokerto, Rabu (17/07) malam yang dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Wasbang antara Kodim 0815 dan Ponpes Riyadlul Jannah.(Dim/Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *