Kodim 0815 Mojokerto Bekali Wasbang Peserta Suskalak

MOJOKERTO, SorotIndoMedia.com– Kodim 0815 Mojokerto menugaskan Pasi Intel Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., untuk membekali materi wawasan kebangsaan (Wasbang) bagi peserta Kursus Kader Pelaksana (Suskalak “B”) di Pacet Mini Park (PMP) Jalan Raya Pacet Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (26/11/2019).

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas Melalui Kursus Kader Pelaksana (Suskalak “B”) yangg diselenggarakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam bidang keamanan dan ketertiban serta penanggulangan bencana.

Pada kesempatan tersebut, Pasi Intel Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., salah satu nara sumber memberikan pembekalan materi Wasbang bertajuk “Bela Negara Dalam Upaya Menciptakan Ketahanan Nasional Guna Menjaga Keutuhan NKRI”.

Dalam paparannya, Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., menjelaskan tentang definisi bela negara sebagaimana diatur dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat (3), bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,”. Bela negara juga termaktub dalam UU RI Nomor 3 Tahun 2002 Pasal 9 Ayat 1 tentang Pertahanan Negara.

Dipaparkannya, “Upaya Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara”.

“Nilai -nilai bela negara meliputi cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara,” Paparnya.

“Penerapan bela negara di lingkungan masyarakat bisa dilakukan melalui meningkatkan kegiatan gotong royong dan semangat persatuan dan kesatuan, menjaga keamanan lingkungan melalui kegiatan Siskamling atau ronda, membantu dalam penanggulangan bencana alam dan lain-lain, ” terangnya.

Dihadapan 75 orang peserta Suskalak, Pasi Intel juga menyinggung tentang ketahanan nasional, yang hakikatnya merupakan kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan negara.(Dim/Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *