Babinsa Batankrajan Dampingi Petani Pengolahan Lahan

Babinsa Batankrajan Dampingi Petani Pengolahan Lahan
Babinsa Batankrajan Dampingi Petani Pengolahan Lahan

Foto Babinsa Batankrajan Dampingi Petani Pengolahan Lahan

MOJOKERTO. SOROTINDOMEDIA.COM Babinsa Batankrajan Koramil 0815/05 Gedeg Kodim 0815/Mojokerto Sertu Suyadi melaksanakan pendampingan pengolahan lahan milik Suwani, Anggota Poktan Sejahtera-1 Dusun/Desa Batankrajan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (30/01/2020).

Pantauan di lapangan, pengolahan lahan di areal seluas 4000 meter2 atau 0,4 hektar ini menggunakan alat mesin pertanian berupa satu unit traktor tangan. “Pembajakan sawah ini dilakukan sebagai persiapan masa tanam,” ucap Sertu Suyadi saat di lokasi pendampingan.

Masih kata Babinsa, pengolahan lahan menggunakan mesin bajak modern ini merupakan tahapan pembalikan tanah dengan tujuan memperbaiki sifat fisik tanah

“Melalui pembajakan ini, maka kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur dan melumpur. Selain itu, tanah yang semula sudah jenuh akan menjadi subur kembali,” ungkapnya.

“Bila tanah sudah subur, maka ketika saatnya ditanami, maka akar padi dapat tumbuh dan berkembang leluasa,’ tambahnya.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/05 Gedeg Kapten Inf Mujiono, mengungkapkan, pendampingan pertanian yang dilakukan Babinsa dalam pengolahan lahan bertujuan memotivasi petani agar mempercepat proses tanam sehingga siklus pangan tidak terhenti.

“Dan ini (pendampingan) merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan di wilayah guna mendukung dan mensukseskan percepatan swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah,” pungkasnya.(Dim/Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *