Koramil 07/Jetis Bersama Warga Normalisasi Saluran Irigasi Pertanian

Koramil 07/Jetis Bersama Warga Normalisasi Saluran Irigasi Pertanian
Koramil 07/Jetis Bersama Warga Normalisasi Saluran Irigasi Pertanian

Foto, Koramil 07/Jetis Bersama Warga Normalisasi Saluran Irigasi Pertanian

MOOKERTO.SOROTINDOMEDIA.COM Koramil 0815/07 Jetis Kodim 0815/Mojokerto mengerahkan sejumlah personelnya untuk melakukan normalisasi anak sungai Marmoyo, di Desa Ngabar Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (06/02/2020).

Normalisasi anak sungai Marmoyo yang merupakan irigasi pertanian tersebut, melibatkan 25 orang, terdiri dari Babinsa Ngabar Koptu Muhadi, Babinsa Canggu Serda Didik Hariono, Babinsa Jetis Serma M. Hadi Supi’i dan dua Babinsa Koramil Jetis, Perangkat Desa, PPL Desa Jetis Suhartono, Gapoktan Desa Ngabar Siswanto serta masyarakat Desa Ngabar, Desa Canggu dan Desa Jetis.

Plh. Danramil 0815/07 Jetis Kapten Arh Suminto mengungkapkan, normalisasi anak sungai Marmoyo secara manual yang dilakukan Koramil Jetis bersama para petani bertujuan untuk memperlancar arus sungai sehingga ketika turun hujan air tidak meluap ke areal pertanian yang ditanami padi dan tebu.

Ditambahkan Danramil, aliran anak Sungai Marmoyo dengan lebar penampang sekitar 4 – 4,5 meter ini, selama ini dimanfaatkan para petani di tiga desa yakni Desa Ngabar, Desa Canggu dan Desa Jetis untuk mengairi areal pertanian.

Kita sangat berharap dengan adanya normalisasi ini dapat memperlancar aliran air anak sungai Marmoyo yang banyak ditumbuhi eceng gondok, kankung, semanggi dan tumbuhan air lainnya. Tentunya melalui pembersihan sungai ini dapat mencegah terjadinya luapan air sungai ke areal pertanian di saat turun hujan,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, kegiatan normalisasi sungai yang dilakukan gabungan personel TNI dan warga dengan alat seadanya seperti parang, sabit, dan garu berlangsung di tiga titik yang merupakan perbatasan dari tiga desa di wilayah Kecamatan Jetis.(Dim/Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *