Babinsa Kebontunggul Bersama Warga “Ndawut” Bibit Padi

Foto Babinsa Kebontunggul Bersama Warga “Ndawut” Bibit Padi

MOJOKERTO, SorotIndoMedia.com– Para petani di beberapa desa wilayah Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dalam satu bulan terakhir mulai tanam padi. Kegiatan tanam padi ini tentunya diawali dengan ketersediaan bibit padi siap tanam.

Pemandangan menarik, kegiatan cabut bibit padi (Ndawut) ini mendapat pendampingan dari Babinsa Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815/Mojokerto, salah satunya Pelda Anang Triyanto, yang turun langsung mendampingi dan membantu proses cabut bibit padi siap tanam di Dusun Jemanik Desa Kebontunggul, Senin (10/02/2020).

Di sela-sela kegiatan, Babinsa Kebontunggul Koramil 0815/18 Gondang Pelda Anang Triyanto, mengungkapkan, pencabutan bibit padi (ndawut) varietas Memberamo ini berlangsung di lahan milik Sugiono, anggota Poktan Agawe Urip Tentrem 3, Dusun Jemanik Desa Kebontunggul.

Ditambahkan Babinsa, benih padi yang disemai hampir satu bulan, kini sudah siap ditanam du lahan yang sudah dipersiapkan petani. “Ndawut bibit padi siap tanam ini dilakukan secara manual dan dialokasikan untuk lahan seluas setengah hektar,”terangnya.

Pada kesempatan berbeda, Pelaksana Harian Danramil 0815/18 Gondang Kapten Czi M. Saikhu Anwar, mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan Babinsa bertujuan membantu petani dalam mengotimalkan percepatan tanam di desa binaan.

“Tentunya kita berharap dalam satu kawasan masa tanam bisa serempak atau paling tidak tidak terlalu jauh berbeda sehingga saat masa pertumbuhan tanaman padi dapat terhindar dari serangan hama tanaman,” ungkapnya.

“Aktivitas (pendampingan) ini merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan guna membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan di wilayah sesuai yang diprogramkan pemerintah,” pungkas Plh. Danramil yang sehari-hari menjabat Pasipers Kodim 0815/Mojokerto.(Dim/Syin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *