Begini Cara Babinsa Sumbergirang Koramil 04/Puri Memotivasi Petani

Mojokerto, Sorotindomedia.comAda beberapa faktor yang mempengaruhi hasil panen padi, diantaranya pemilihan benih berkualitas, persemaian, pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan/perawatan, cara panen yang tepat dan benar serta tindakan paska panen.

Untuk mencapai kondisi tersebut (hasil panen yang optimal), Babinsa Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815/Mojokerto Serda Slamet Haryanto melaksanakan pendampingan pemeliharaan tanaman padi di lahan seluas 2,3 hektar milik Suhari, Anggota Poktan Sumber Rejeki III, Dusun Karangtengah Desa Sumbergirang Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (13/02/2020).

Serda Slamet Haryanto mengungkapkan, pemeliharaan tanaman padi kali ini berupa pembersihan tanaman dari gulma atau rumput liar yang tumbuh di sela-sela rumpun tanaman. “Bila gulma atau rumput liar tidak dibersihkan maka sangat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi,” ungkapnya.

“Dengan adanya gulma, maka tanaman padi akan berebut dalam menyerap unsur hara, cahaya, air maupun nutrisi lainnya yang dibutuhkan selama masa perkembangan,” tandas Babinsa.

Di sela-sela pendampingan tersebut, Serda Slamet Haryanto juga menyempatkan berbincang dengan petani terkait bidang pertanian. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memotivasi para petani / petani penggarap agar lebih meningkatkan produktivitas pangan.

Hal senada diungkapkan Danramil 0815/04 Puri Kapten Arh Supriyono, pendampingan yang dilakukan para Babinsa bertujuan membantu petani dalam mengoptimalkan hasil panen khususnya padi di desa binaan, terlebih saat ini sedang digalakan Upsus ketahanan pangan guna membantu terwujudnya swasembada pangan di wilayah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *