Pastikan Bahan Pangan Aman Saat Lebaran Polres Lakukan Sidak.

Foto Pastikan Bahan Pangan Aman Saat Lebaran Polres Lakukan Sidak.

Index berita.com – Buntok – Untuk menjamin keamanan barang dipasaran dan ketersediaan bahan pangan hingga memasuki lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, Polisi Resor (Polres) Barito Selatan (Barsel) bersama Kodim 1012 Buntok dan Tim dari Pemda setempat melakukan pengecekan langsung kepasar dan sejumlah toko hingga supermarket. Buntok, Kamis (14/5/2020)

Adapun tim yang terdiri dari Kapolres Barsel, AKBP Devy Firmansyah, Dandim 1012/Buntok, Letkol Inf. Tuwadi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM), Swita Minarsih dan Kepala Dinkes Barsel, dokter Djulita K. Palar, mengecek ketersediaan pangan di Gudang Bulog, pasar dan sejumlah toko.

Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah, SIK mengatakan sidak dilakukan di pasar dan sejumlah toko hingga supermarket.
“Tujuan kita hari ini kami bersama-sama dengan Kodim 1012 Dinas Kesehatan dan Disperindag, kita sepakat untuk melaksanakan pengecekan barang-barang dipasaran sekaligus mengecek ketersediaan bahan pangan di pasar.”

Menurutnya hal ini sebagai tindakan antisipasi terhadap keselamatan dan keamanan pangan bagi masyarakat di Barsel, tim juga melakukan pengecekan
ke Bulog.
“Bulog Alhamdulillah untuk beras, daging dan minyak goreng masih dikatakan cukup hingga lebaran.” Beber Devy

Lebih lanjut dikatakan oleh perwira berpangkat dua melati tersebut, kita juga melakukan pengecekan ke Toko dan supermarket, inikan mau memasuki momen lebaran otomatis akan ada parsel-parsel yang dibeli oleh masyarakat untuk sanak keluarganya.

“Jangan sampai ada barang yang kadaluarsa dimasukin, makanya kita lakukan pemeriksaan.” Tukasnya

Dan dari hasil pemeriksaan tadi memang kita menemukan beberapa barang yang sudah kadaluarsa, dan temen-temen dari Dinkes tadi langsung ditarik karena memang tidak ada unsur kesengajaan lah, karena mungkin keterbatasan personil atau karyawan sehingga mungkin saja terjadi barang ada yang kadaluarsa.

“SM mart dan di Alfamart tidak ada kita temukan barang kadaluwarsa (red : Expired)” Ujar Devy

Lebih lanjut dikatakan Dandim 1012/Buntok, Tuwadi, bahwa pengecekan tersebut selain bertujuan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan menghadapi Idul Fitri, juga untuk memastikan agar tidak terjadi kelangkaan pangan saat warga menghadapi pandemi Covid-19.

“Pengecekan ini kita lakukan, untuk memastikan bahan pangan aman di tengah pandemi COVID-19 dan menjelang Hari Raya Idul Fitri,” ujar Tuwadi.

Untuk penindakan kepada pemilik toko dan lapak yang ditemukan barang yang telah Expired, diterangkan Devy bahwa,
nanti pemilik toko akan kita panggil, untuk diberikan ketegasan supaya lebih teliti lagi dengan kondisi barang jualan, jangan sampai masyarakat dirugikan.

“Sudah dibikin berita acara tadi dan dari perindag sudah dilakukan peneguran langsung, apabila tidak diindahkan juga maka akan diusulkan untuk dicabut izin usahanya.” Tandasnya

Herman Sosilo Kabiro/Jurnalis IBC Buntok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *