Partisipasi Aktif Koramil 0815/18 Gondang Dalam Padat Karya Tunai Desa

Foto Partisipasi Aktif Koramil 0815/18 Gondang Dalam Padat Karya Tunai Desa

Mojokerto,INDEXBERITA.COM  Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815 Mojokerto bersinergi dengan Pemerintah Desa Padi dalam kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di Dusun Padi Desa Padi Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (08/06/2020).

Kegiatan padat karya tunai ini yang dilaksanakan Pemdes Padi, dengan sasaran membuat jaringan pipa saluran air untuk konsumsi warga Dusun Padi. Padat karya tunai desa ini sedikitnya melibatkan 100-an pekerja harian lepas dari warga setempat.

Danramil 0815/18 Gondang Kapten Czi M. Saikhu Anwar diwakili Batituud Pelda Rudy Suhartono yang berada di lokasi padat karya beserta anggota, mengungkapkan, pembuatan jaringan saluran air ini dibagi dalam dua tahap, tahap pertama penggalian saluran untuk menanam pipa air dan berikutnya pemasangan jaringan pipa air dari sumber air bawah tanah ke tandon di Dusun Padi selanjutnya dialirkan ke rumah warga.

“Pemasangan jaringan pipa air sepanjang 220 meter ini bersumber dari dana desa dan dialokasikan mampu memenuhi kebutuhan air minum bagi 165 KK warga Dusun Padi,” ungkapnya.

Tampak pula di lokasi kegiatan tersebut, antara lain Koordinator Tenaga Ahli Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Mojokerto, Mujib, Kades Padi Slamet Prayogi HW, Ketua BPD Padi, Supaji, Para Babinsa Koramil Gondang Ketua LPM Desa padi, Budi Utomo.

Sekedar informasi, Padat Karya Tunai Desa merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Program padat karya tunai bertujuan untuk memberikan penghasilan kepada pekerja harian yang kehilangan pendapatan karena berbagai pembatasan sosial di tengah pandemi Covid-19.(Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *