Babinsa Tawangrejo Koramil 0815/15 Jatirejo Bina Satuan Linmas

Mojokerto,INDEXBERITA.COM Dalam upaya pembinaan ketahanan wilayah Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815/Mojokerto melalui Babinsa Tawangrejo Sertu Wahyudi memberikan pembekalan bagi anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Rabu (10/06/2020).

Kegiatan bertajuk “Pelatihan Peningkatan Kapasitas Linmas”, berlangsung di Balai Desa Tawangrejo Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dibuka Kades setempat yang diwakili Sekretaris Desa, Sutaji, serta dihadiri perangkat desa dan satu peleton anggota Satlinmas.

Dihadapan Anggota Satlinmas, Sertu Wahyudi mengajak anggota Linmas agar lebih peka terhadap perkembangan situasi keamanan dan ketertiban lingkungan, terlebih dalam waktu dekat akan dilaksanakan pesta demokrasi (Pemilukada).

Dijelaskan Babinsa, Satlinmas mempunyai beberapa fungsi, yakni membantu memelihara dan meningkatkan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa.

“Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan,” tandasnya.

Lebih lanjut Babinsa menegaskan, tugas lainnya yang diemban Satlinmas, yakni membantu pemerintah daerah, Kepolisian dalam Harkamtibmas, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara, dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau kelurahan.

Di akhir materinya, Babinsa menyampaikan harapannya, agar anggota Linmas bersinergi menciptakan situasi yang kondusif dan apabila terjadi gangguan keamanan segera melapor ke Tiga Pilar Desa (Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa).

“Terima kasih atas kerja sama Linmas selama ini yang telah membantu menjaga dan memelihara keamanan, ketertiban dan ketentraman di Desa Tawangrejo,” tutup Babinsa.

Sementara itu Kades Tawangrejo yang diwakili Sekretaris Desa, Sutaji, mengungkapkan, pelatihan peningkatan kapasitas Linmas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya anggota Linmas sehingga ke depan, lebih baik, disiplin dan profesional.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Arh Anang Suprianto, keikutsertaan Babinsa dalam pelatihan dan pembinaan Linmas, merupakan bagian dari pembinaan ketahanan wilayah dalam upaya pemberdayaan ketahanan wilayah.

Danramil berharap, anggota Satlinmas selalu proaktif membantu monitoring wilayah dan melaporkan ke Tiga Pilar Desa untuk ditindaklanjuti di tingkat Kecamatan, Polsek dan Koramil. “Membantu Pemda dan Kepolisian dalam memelihara Kamtibmas serta perbantuan terhadap TNI dalam upaya pertahanan negara di wilayah merupakan bagian dari tugas Linmas,” pungkasnya.(Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *