Ratusan Personel Militer Dan PNS TNI AD Kodim 0815/Mojokerto Jalani Rapid Test

Foto.Ratusan Personel Militer Dan PNS TNI AD Kodim 0815/Mojokerto Jalani Rapid Test

Mojokerto, INDEXBERITA.COM ajaran TNI di Jawa Timur terus memaksimalkan upaya pencegahan, penanggulangan dan pemutusan mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), tidak terkecuali Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil jajarannya dengan menggandeng Pemerintah Daerah, Kepolisian dan stakeholder lainnya.

Tidak hanya di wilayah tugas tanggung jawab, upaya pencegahan Covid-19 juga dilakukan Kodim 0815/Mojokerto di internal satuan melalui forum Jam Komandan guna memberikan arahan dan penekanan kepada seluruh personel militer dan PNS TNI AD Makodim 0815/Mojokerto maupun Koramil jajaran.

Seperti kali ini, Senin (15/06/2020), Kodim 0815/Mojokerto menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto melakukan Rapid Tes bagi personel TNI dan PNS TNI AD Makodim 0815 di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jalan Raya Jabon Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Selain di Labkesda, pelaksanaan Rapid Test juga dilakukan bagi personel militer dan PNS TNI AD di Koramil Jajaran Kodim 0815/Mojokerto dengan menggandeng UPT Puskesmas yang berada di wilayah Koramil masing-masing.

Saat dikonfirmasi, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., mengatakan, dilaksanakannya rapid test ini sebagai salah satu upaya pencegahan sekaligus memproteksi anggota Kodim 0815 beserta Koramil jajaran agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Paling tidak melalui rapid test ini dapat diketahui tingkat immunitas anggota, baik militer maupun PNS TNI AD. Apabila hasil rapid test ini maka akan dilanjutkan dengan test Swab, untuk memastikan terjangkit atau tidaknya, melalui Rumah Sakit yang sudah ditunjuk di wilayah Mojokerto Raya,” tegasnya.

Masih lanjut Dandim 0815, secara preemtif, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh anggota, untuk selalu memelihara kebugaran dan stamina sehingga imunitas tubuh tetap terjaga bahkan meningkat, diantaranya melalui olah raga rutin yang teratur, mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya nutrisi, berjemur di terik matahari, mengkonsumsi air dan istirahat yang cukup.

“Satu lagi yang tidak bisa ditinggalkan tentunya harus memiliki trust (keyakinan), dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa seraya berdo’a agar pandemi ini segera hengkang dari Bumi Indonesia,” jelasnya.

Demikian pula, lanjut pria yang pernah menjabat Danyon Raider Khusus 752/VCS Sorong Papua Barat, guna menangkal Covid-19, kita harus berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), cuci tangan pakai sabun, mengenakan masker, selalu membawa dan mengunakan handsanitizer, menghindari kerumunan serta mematuhi himbauan pemerintah.

“Tentunya semua itu harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan disiplin yang tinggi, serta harus dilakukan secara serentak (massif). Tanpa disiplin yang tinggi dalam penerapan protokol kesehatan, maka semua upaya yang dilakukan, hasilnya tidak akan optimal bahkan sia-sia,” tandas pria kelahiran Purbalingga Jawa Tengah.

Pantauan di lapangan hari ini sejumlah 404 personel TNI dan PNS TNI AD, melakukan rapid test secara serentak, di Labkesda dan UPT Puskesmas Dinkes Kabupaten Mojokerto, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan(Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *