Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto Bekali Linmas Bela Negara

Foto.Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto Bekali Linmas Bela Negara

Mojokerto, Indexberita.com Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro memberikan pembekalan materi wawasan kebangsaan dan bela negara bagi anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Gedung Nuswantara Lantai 1 Universitas Islam Majapahit (UNIM) Jalan Raya Jabon, Desa Gayaman Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (21/07/2020).

Kegiatan bertajuk “Optimalisasi Peran Desa/Kelurahan Satuan Linmas Dalam Pamswakarsa Tahun 2020, Dalam Rangka Mensukseskan Program Kerja Pemkab Mojokerto”, dibuka Bupati Mojokerto, H. Pungkasiadi, SH., dan dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Ketua Kopertis Wilayah IV Jatim yang diwakili Dr. Imam Mawardi, MA., Rektor UNIM Dr. Rahman Sidharta Arisandi, M.Si., Direktur Poltekes-Stikes Majapahit, Ka Satpol PP dan OPD Kabupaten Mojokerto, Forpimka Mojoanyar, Tokoh Agama serta undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro, dalam materi berjudul “Bela Negara Dalam Upaya Menciptakan Ketahanan Nasional Guna Menjaga Keutuhan NKRI”, memaparkan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara, defenisi dan penerapan bela negara, ketahanan nasional dan upaya menjaga keutuhan NKRI.

“Kesadaran berbangsa dan bernegara dapat dimaknai bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah naungan NKRI harus mempunyai sikap dan perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasi keikhlasan atau kerelaan bertindak demi kebaikan bangsa dan negara Indonesia,” tandas Kapten Inf Heru Widodo CP, saat mengawali materinya.

Dijelaskannya, keberagaman dan perbedaan yang ada diantara anak bangsa ini tidak perlu dipersoalkan, karena kita sudah diikat dengan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi satu jua. “Perbedaan ini harus dipandang sebagai anugrah, kekuatan dan kemenangan. Jangan pandang perbedaan sebagai musibah, kelemahan atau kekalahan,” jelasnya.

Pentingnya penguatan wawasan kebangsaan bagi semua komponen masyarakat, termasuk Satlinmas, demi menumbuhkan kembali semangat dan kesadaran berbangsa dan bernegara. “Semua warga negara harus mampu berkontribusi positif demi kebaikan dan kemajuan bangsa, sesuai potensi yang dimiliki, bisa melalui tingkatan keluarga, lingkungan, desa, daerah maupun di tingkat nasional,” ujarnya.

Di akhir materinya, Kapten Inf Heru Widodo CP, mengajak Satlinmas sebagai unsur Pam Swakrasa, untuk terus berbuat yang terbaik demi lingkungan demi mewujudkan Kamtibmas di desa/kelurahan, namun tentunya dalam pelaksanaannya harus dikoordinasikan denga Tiga Pilar Desa.(Dim/Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *