Dandim 0815/Mojokerto Bersama Forkopimda Panen Raya Di Trowulan

Foto.Dandim 0815/Mojokerto Bersama Forkopimda Panen Raya Di Trowulan

Mojokerto, Indexberita.com Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., Bupati Mojokerto H. Pungkasiadi, SH., dan Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, S.IK, MH., melaksanakan panen raya bersama Anggota Komisi XI DPR RI, Muhammad Sarmuji, SE., M.Si., Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim, Sehat Tua P. Simanjutak, SH., MH., dan Pengasuh Ponpes Segoro Agung Trowulan, KH. Bimo Agus Sunarno (Gus Bimo), di Area Persawahan yang dikelola Ponpes Segoro Agung, Dusun Kepiting, Desa Temon, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (05/08/2020).

Kegiatan Panen Raya dalam rangka Mensukseskan Program Pemerintah Ketahanan Pangan Nasional bertajuk “Bangkitkan Kembali Kekuatan Agraris Di Bumi Majapahit”, diselenggarakan Pondok Pesantren Segoro Agung bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, dihadiri Ka Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jatim, Hadi Sulistyo, Kadis Pertanian Kabupaten Mojokerto Drs. Teguh Gunarko, Msi, Ka OPD, Forpimka Trowulan, Kades Temon, perwakilan petani dan masyarakat, para santri serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Mojokerto, H. Pungkasiadi, SH., diantaranya menyampaikan terkait ketahanan pangan, bahwa tiap tahun Kabupaten Mojokerto surplus beras 78 ribu ton. Selain beras, Pemkab Mojokerto melalui Dinas Pertanian mengembangkan program tanaman pendamping seperti jagung dan umbi-umbian.

Terkait Pandemi Covid-19, Pemkab Mojokerto bekerjasama dengan TNI – Polri dan Stakeholder mendirikan dapur umum terpadu. Pihaknya juga bersinergis dengan TNI-Polri tidak pernah henti-hentinya melakukan himbauan protokol kesehatan dan ketentuan Covid 19 sesuai himbauan pemerintah pusat.

Panen raya di lahan Ponpes Segoro Agung ini juga mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim, Sehat Tua P. Simanjutak, SH., MH., dan Anggota Komisi XI DPR RI asal Surabaya, Muhammad Sarmuji, SE., M.Si.

Di awal kegiatan, pihak Ponpes Segoro Agung yang diwakili, Joko Susanto, diantaranya menyampaikan, Yayasan Pondok Pesantren Segoro Agung, memiliki kegiatan ekstrakurikuler untuk santri-santrinya yaitu belajar bertani dengan harapan bisa mengembangkan agro-agro bisnis lainnya. Disampaikan juga kegiatan panen raya ini untuk mensukseskan program pemerintah yaitu ketahanan pangan nasional yang diharapkan bisa membangkitkan kembali kekuatan agraris di Bumi Majapahit.

Sementara itu, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., saat diminta pendapatnya, terkait ketahanan pangan, mengungkapkan pihak TNI khususnya Kodim 0815 senantiasa bekerjasama dengan Pemda dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di Mojokerto Raya, melalui para Babinsa yang tersebar di 20 Koramil. Terkait pandemi Covid-19, pihak TNI bersama Polri dan Pemda bahu membahu melakukan upaya dan langkah-langkah strategis guna menurunkan status menjadi zona hijau.(Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *