Sesi Tanya Jawab Acara Media Gathering Bersama KPU

Foto. Sesi Tanya Jawab Acara Media Gathering Bersama KPU

MOJOKERTO.INDEXBERITA.COM KPU Kabupaten Mojokerto menggelar Media Gathering d ikuti oleh 40 awak media  ,bulan September 2020 terkait turunnya surat pemberitahuan Bawaslu yang merekomendasikan agar KPU meneruskan surat perbaikan pada Bakal Pasangan Calon Muhammad Al Barra, Sabtu (5/9/2020) di di Kantor KPU Kabupaten Mojokerto, Jl. Raak Adinegoro No.1-2, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Achmad Arif, Divisi teknik KPU Kabupaten Mojokerto mengatakan jika ada perkembangan terbaru penerimaan pendaftaran pada hari pertama kemarin.

“Hari ini KPU menerima surat dari Bawaslu pada pukul 10.00. Tentang saran perbaikan oleh Bawaslu kepada KPU dalam proses penerimaan pendaftaran atas nama Paslon IKBAR. Dan siang tadi surat dari Bawaslu sudah kami teruskan ke tim pemenangan IKBAR tentang kewajibannya untuk menyampaikan surat Keterangan hasil swab pada saat pendaftaran. KPU meminta hasil tes swab diserahkan ke KPU paling lambat tanggal 6 September 2020 pukul 24.00 WIB. Sebagaimana kita fahami bersama, bahwa calon IKBAR sudah lengkap dan absah. Namun, di pasal 50A PKPU 10 tentang pelaksanaan pemilihan yaitu harus melakukan swab dan hasil tes swab nya harus negatif. Ini bukan syarat calon, ini pemenuhan bahwa calon tersebut mendukung UU pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut, Achmad Arif juga menyampaikan jika pada tanggal 4-8 September dokumen pencalonan di unggah di Laman KPU.

“Jadi setelah penelitian dan berakhir di tanggl 12 September 2020, baru kemudian KPU menyampaikan hasilnya di rapat pleno terbuka. Dokumen yang dinyatakan belum lengkap dapat di sampaikan kembali ke KPU pada tanggal 14-16 September 2020. Namun ada hal yang terduga ini tadi. Di saat sesi tanya jawab dengan wartawan, tim pemenangan IKBAR mendatangi KPU untuk menyerahkan Hasil tes swab Muhammad Al Barra. Namun, tetap semua bakal calon bakal di tes swab pada tanggal 7 September 2020 di RS. Dr Soetomo Surabaya karena kita tidak pernah tau kapan kita kena covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, dr Sulaiman Rosyid yang merupakan salah satu tim pemenangan dari pasangan Bakal Calon Ikfina-Barra (IKBAR) mengatakan bahwa penyerahan hasil swab ini bukanlah suatu keterlambatan.

“Gus Barra sudah melakukan swab sejak pagi hari pada Jumat 4 September 2020, tetapi hasil Swab baru selesai pada malam harinya. Swab dilakukan di Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah) Kabupaten Mojokerto,” pungkasnya. (Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *