Koramil 0815/17 Trawas Bersama KPH Pasuruan Giatkan Mitigasi Bencana

Foto.Koramil 0815/17 Trawas Bersama KPH Pasuruan Giatkan Mitigasi Bencana

Mojokerto, -Indexbeita.com Koramil 0815/17 Trawas Kodim 0815/Mojokerto bersama Perhutani KPH Pasuruan, Polsek dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) melaksanakan kegiatan pencegahan dan mitigasi bencana di wilayah Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (03/12/2020).

Danramil 0815/17 Trawas Kapten Arh Suminto, saat dihubungi mengatakan, kegiatan pencegahan dan mitigasi bencana alam ini berlangsung di dua lokasi, pertama di Lumbung Wiwitan Desa Penanggungan, kemudian untuk lokasi kedua di Wana Wisata Air Terjun Dlundung.

Masih kata Danramil, kegiatan pencegahan dan mitigasi ini memang sangat diperlukan, mengingat wilayah Trawas merupakan salah satu Kawasan Rawan Bencana (KRB) di wilayah selatan Kabupaten Mojokerto, khususnya bencana alam banjir dan tanah longsor.

Ada beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan sebelum terjadi bencana atau pra bencana, diantaranya melalui pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan dan peringatan dini. Yang kita lakukan saat ini (pencegahan dan mitigasi) bertujuan untuk mengurangi resiko bila terjadi bencana alam.

“Kendati kita semua tidak mengharapkan terjadinya bencana, namun sebagai langkah antisipasi tetap harus dilakukan, mengingat wilayah Trawas termasuk kawasan rawan bencana. Ini semua dilakukan secara bersama-sama denga Perhutani, Polsek, LMDH dan elemen masyarakat lainnya, kita bersinergi untuk mengantisipasi bencana”, tegasnya.

Sementara, Waka Administratur Perhutani KPH Pasuruan, Ririt, saat apel pengecekan personel, menegaskan, kegiatan mitigasi bencana ini untuk memelihara dan menjaga keseimbangan alam, terutama hutan sebagai sumber kehidupan bagi manusia.

Masih lanjutnya, hutan dan kekayaan alam ini harus dijaga, karena bukan hanya milik kita saja, namun milik anak cucu kita. Waka Adm Perhutani juga mengajak untuk peduli terhadap lingkungan yang kaya akan sumber air yang sangat berguna bagi kehidupan,

Pantauan di lapangan, kegiatan mitigasi bencana yang terbagi dalam dua lokasi ini, dibagi dalam dua sektor sasaran, yakni pembersihan sungai dan penebangan/pengeprasan pohon yang dianggap membahayakan bagi pengguna jalan, dan di masing-masing lokasi tidak kurang dari 60 orang.

Tampak hadir dalam kegiatan, antara lain Camat Trawas Drs. Agus Subiyakto, M.Si, Kapolsek Trawas AKP Pujiono, S.H., Asper, Mantri Perhutani, Duty Manager Wisata Air Terjun Dlundung, Sunyoto, Staf Kecamatan, anggota TNI dan Polri, Koordinator Wana Wisata Air Terjun Dlundung, Tohirin beserta anggota,
Ketua LMDH beserta anggota dan warga masyarakat.(Dim/Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *