Kodim 0815/Mojokerto Bersama Stakeholder Tanam 1200 Pohon Di Kawasan Rawan Bencana Pacet

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., bersama Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, S.I.K., M.H., dan ADM KPH Perhutani Pasuruan, Ida Jatiana, saat di lokasi penghijauan

MOJOKERTO,INDEXBERITA.COMProgram pemerintah untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan sekaligus menuju Indonesia Hijau, salah satunya melalui gerakan penghijauan melalui penanaman pohon di lahan-lahan kosong harus didukung seluruh komponen bangsa.

Demikian diungkapkan Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., saat kegiatan penghijauan dalam rangka Program Pembinaan Lingkungan Hidup Kodim 0815/Mojokerto Tahun 2021, di Camp Obech Avonture, Dusun Podorejo, Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (28/01/2021).

Penghijauan ini, lanjut Dandim, merupakan salah satu bentuk kecintaan dan kepedulian kita semua terhadap bumi yang kita tinggali ini. Kita menyadari bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan yang sekaligus menyediakan hasil hutan berupa kayu dan non kayu serta penyedia kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya seperti penghasil oksigen, tempat rekreasi serta konservasi keanekaragaman hayati.

Masih lanjut Dandim, TNI khususnya Kodim 0815/Mojokerto selalu berupaya membantu Pemerintah Daerah dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan dengan kampanye melaksanakan gerakan penghijauan dan Indonesia Hijau melaui penanaman pohon di lahan-lahan kosong dan gersang.

“Gerakan penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian TNI AD untuk berpartisipasi aktif sekaligus menjadi pelopor dalam menjaga kelestarian alam dan mengajak pemerintah daerah dan komponen masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan kehidupan yang adil dan makmur bagi rakyat tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan” tegasnya.

Dandim berharap ke depan tidak ada lagi penebangan pohon secara liar dan praktek-praktek pemanfaatan lahan yang tidak sesuai peruntukannya, karena hal itu akan menyebabkan kerusakan lingkungan yang berpotensi memicu terjadinya bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir”, pungkas Dandim.

Pantauan di lapangan, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., bersama Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, S.I.K., M.H., dan ADM KPH Perhutani Pasuruan, Ida Jatiana, melakukan penanaman pohon secara simbolis. Berikutnya penanaman 1.200 bibit pohon berbagai jenis, seperti sengon, klengkeng, jambu, sukun, nangka, petai, durian, sirsak dan pinus dilakukan oleh gabungan personel TNI-Polri, Perhutani, Tahura, para Relawan, Siswa SMK Kehutanan Wali Songo dan anggota Pramuka Saka Wira Kartika.

Kegiatan bertema “Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa”, juga dihadiri Pabungdim 0815 Mayor Inf Nuriman Siswandi, Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto HM. Buddi Mulyo, Kadin Kehutanan Kabupaten Nganjuk, Camat, Danramil dan Kapolsek Pacet, Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0815, Asper BKPH Penanggungan, Asper BKPH Pacet, Junior Guster Maneger Padusan dan Kades Sajen.(Dim/Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *