Percepat Pencapaian Swasembada Pangan Kodim 0815/Mojokerto Intensifkan Pendampingan Hanpangan

Foto.Percepat Pencapaian Swasembada Pangan Kodim 0815/Mojokerto Intensifkan Pendampingan Hanpangan

Mojokerto,Indexberita.com Dalam upaya mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan nasional, Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil jajaran semakin mengintensifkan kegiatan pendampingan ketahanan pangan di wilayah binaan.

Kali ini, Selasa (16/02/2021), kegiatan pendampingan ketahanan pangan (Hanpangan) yang dilakukan dalam bentuk tanam padi bersama yang berlangsung di lahan Poktan Margi Rahayu, Dusun Panjer Desa Tunggalpager, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., yang diwakili Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0815/Mojokerto Mayor Inf Nuriman Siswandi, saat di lokasi mengungkapkan, kegiatan tanam padi bersama ini merupakan bagian dari program pendampingan ketahanan pangan Kodim 0815/Mojokerto.

Tujuan dari pendampingan Hanpangan ini, lanjutnya, untuk memaksimalkan percepatan pencapaian swasembada pangan di wilayah binaan sekaligus memotivasi para petani untuk memaksimalkan pengolahan lahan sehingga hasil panen yang dicapai lebih optimal.

“Bila hasil panen optimal di wilayah dengan sendirinya ketahanan pangan di wilayah semakin tangguh dan berdampak positif pada ketahanan pangan di lingkup regional maupun nasional”, ungkap Pamen kelahiran Kota Batu, Jawa Timur.

Masih lanjutnya, untuk mencapai kondisi Hanpangan yang tangguh tersebut, terlebih di masa Pandemi Covid-19, para Babinsa di Koramil jajaran untuk lebih berperan aktif dalam kegiatan pendampingan ketahanan pangan terhadap Poktan dan petani di wilayah binaan masing-masing.

Sementara itu, Danramil 0815/11 Pungging Kapten Inf Desto Jumeno saat ditemui, menambahkan, untuk tanam padi bersama di wilayah Koramil Pungging berlangsung di areal pertanian seluas 26 hektar yang dikelola kelompok tani (Poktan) Margi Rahayu, Dusun Panjer, Desa Tunggalpager, Pungging. “Di lokasi ini, jenis padi yang ditanam varietas Inpari-32 dengan sistem tanam Tegel,” jelasnya.

Masih di lokasi yang sama Ketua Gapoktan Margi Rahayu Desa Tunggalpager, Nuryasin, mengungkapkan, pihak Poktan dan petani sangat senang dengan adanya kegiatan pendampingan ketahanan pangan dari TNI, dalam hal ini Kodim 0815/Mojokerto.

“Kegiatan pendampingan ketahanan pangan oleh TNI dari Kodim 0815 ini sangat memotivasi para petani dalam memberdayakan lahan pertanian. Semoga pendampingan oleh TNI ini akan berlangsung secara berkesinambungan”, harapnya.

Pantauan di lapangan, selain Pabung Kodim 0815 dan Danramil 0815/11 Pungging, kegiatan tanam padi serentak tersebut, diikuti Danramil 0815/09 Mojosari Kapten Inf Budiyono, Camat Pungging Drs. Mujib, MM., Kapolsek Pungging diwakili Wakapolsek Iptu Setya Budaya, Koordinator PPL Kecamatan Pungging, Kades Tunggalpager, Para Babinsa Koramil Pungging dan Koramil Mojosari serta para petani anggota Poktan Margi Rahayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *