Seleksi Kenaikan Pangkat, 37 Personel Kodim 0815/Mojokerto Diuji Kemampuan Jasmani Militer

Foto.Seleksi Kenaikan Pangkat, 37 Personel Kodim 0815/Mojokerto Diuji Kemampuan Jasmani Militer

Mojokerto, Indexberita.com  37 Personel Militer Kodim 0815/Mojokerto yang diusulkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula periode 1 Oktober 2021, mengikuti test kesegaran jasmani Tingkat Korem di Lapangan Cikaran Jalan Gajah Mada Nomor 4 Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., saat dikonfirmasi Rabu (03/03/2021) mengungkapkan, untuk proses kenaikan pangkat di lingkungan TNI/TNI AD tentunya ada mekanisme baku yang harus dilalui dan wajib diikuti oleh personel yang diusulkan satuan termasuk Satuan Kodim 0815/Mojokerto.

“Jadi untuk meraih pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula itu tidak serta merta, melainkan harus memenuhi persyaratan administrasi dan kemampuan jasmani militer. Ada beberapa aspek yang menjadi pertimbangan, diantaranya kepribadian, administrasi dan kemampuan jasmani militer”, jelasnya.

Pamen dua melati kelahiran Purbalingga Jawa Tengah ini melanjutkan, test kesegaran jasmani atau Garjas ini, salah satu yang dipersyaratkan bagi anggota yang diusulkan kenaikan pangkat secara reguler dan tentunya dengan kriteria penilaian yang sudah ditentukan dari komando atas.

“Jadi, Garjas ini ditempuh setelah personel yang diusulkan lolos dan memenuhi aspek kepribadian dan persyaratan administrasi. Garjas ini pun terbagi dalam tiga tingkatan, yakni tingkat Kodim (pra Garjas), tingkat Korem dan tingkat Kodam”, tutupnya.

Sementara itu Perwira Seksi Personel (Pasipers) Kodim 0815/Mojokerto Lettu Inf Zainudin Talassa, menambahkan, untuk personel Kodim 0815/Mojokerto yang mengikuti test kesegaran jasmani tingkat Korem sejumlah 37 orang, terdiri dari 30 Bintara dan 7 Tamtama.

Pantauan di lapangan, kegiatan Garjas Tingkat Korem ini, berlangsung sejak Selasa (02/03) hingga hari ini Rabu (03/03), nampak puluhan personel Kodim 0815/Mojokerto yang diusulkan KP, secara bergelombang melaksanakan test kesegaran A yakni lari 12 menit dan test kesegaran B yang meliputi pull up, sit up, push up, shutlerun dan lunges. Selesai test kesegaran A dan B, para peserta melanjutkan tes renang dasar militer di Kolam Renang Wisata Desa, Dlanggu, Mojokerto.

Sebelum pelaksanaan test kesegaran, seluruh personel yang diusulkan kenaikan pangkat, terlebih dahulu memeriksakan kondisi kesehatan ke Tim Medis dari Denkesyah 05.04.02 Mojokerto dan untuk menekan penyebaran Covid-19, dalam pelaksanaan Garjas ini juga para peserta dan penyelenggara wajib mematuhi protokol kesehatan.

Sekedar informasi, selain Personel Kodim 0815/Mojokerto, test kesegaran jasmani ini diikuti personel Makorem 082/CPYJ dan Kodim jajaran Korem 082/CPYJ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *