Cegah Konflik Sosial, Korem 082/CPYJ, Gelar Sosialisasi AGHT

Foto.Cegah Konflik Sosial, Korem 082/CPYJ, Gelar Sosialisasi AGHT

MOJOKERTO.INDEXBERITA.COM Korem 082/CPYJ menggelar kegiatan Sosialisasi Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) dalam rangka mencegah terjadinya konflik sosial di wilayah jajaran Korem 082/CPYJ.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto dan diikuti oleh tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dari wilayah Korem 082/CPYJ bertempat di Pendopo Griya Paramitra Cikaran Kota Mojokerto, Rabu (07/04/2021).

Dalam sambutannya Danrem 082/CPYJ, menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan salah satu solusi untuk mencegah konflik sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat khususnya di wilayah jajaran Korem 082/CPYJ.

“Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, diharapkan masyarakat mampu menjaring dan mencegah penyebaran paham ideologi, gerakan radikalisme yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, dimana dapat mengancam keuntuhan NKRI baik yang berasal dari dalam maupun pengaruh dari luar,” ujarnya.

Selanjutnya Danrem mengajak kepada seluruh peserta sosialisasi untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan konflik sosial di tengah-tengah masyarakat dan selalu bekerja sama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di berbagai permasalahan yang terjadi.

“Dengan memahami bahaya AGHT, maka kita akan dapat membentengi diri, keluarga dan lingkungan kita dari paham atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, sehingga tidak mudah terpengaruh untuk melakukan tindakan yang membahayakan keutuhan bangsa dan negara,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Tim Pusintelad Kolonel Inf Wahyu Handoyo mengatakan, kegiatan sosialialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih waspada terhadap potensi permasalahan yang ada di lingkungan masing-masing yang dapat memicu terjadinya konflik sosial serta mengutamakan jalan damai dalam setiap penyelesaian permasalahan di wilayah.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut hadir sebagai nara sumber, Staf Ahli Walikota Mojokerto Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Bapak Anang Fahruroji. S.Sos., M.Si. dan Kasat IPP Polres Kota Mojokerto, IPTU Rohmad, S.H.

Pelaksanaan sosialisasi tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang ketat dengan melaksanakan pembatasan jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi, wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan serta tempat duduk antar peserta sosialisasi diberikan jarak 1,5 meter.
(Rem/Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *