Berantas Rokok Ilegal, Bea Cukai Berharap Peran Media dan Influencer

Berantas Rokok Ilegal, Bea Cukai Berharap Peran Media dan Influencer

MOJOKERTO,INDEXBERITA.COM—Kamis (19/8), Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto menggelar sosialisasi cukai hasil tembakau bagi awak media dan Infuencer, di Sabha Kridatama Rumah Rakyat Jalan Hayam Wuruk Nomor 50 Kota Mojokerto.

Pelaksana Pemeriksa Bea Cukai Sidoarjo Satriyo Herlambang mengatakan, cukai adalah pungutan pajak dari negara untuk rokok yang fungsinya sebagai bentuk pengawasan terhadap sebuah produk rokok ataupun minuman yang beralkohol terkait kadar racun nikotin maupun alkohol. Selain itu juga berfungsi sebagai pemasukan pendapatan Negara.

Dalam kegiatan yang diikuti awak media dana influencer tersebut, Satriyo berharap peredaran rokok ilegal dapat diredam.
Jumlah peredaran rokok ilegal, terutama di wilayah, sidoarjo, mojokerto dan Surabaya.
“Awak media berfungsi untuk meredam peredaran rokok ilegal di Indonesia, semoga masyarakat semakin faham bahwa rokok ilegal itu merugikan dan mengurangi pendapatan negara,” Ujarnya.

Untuk tren rokok ilegal di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto masih ada kebaikan. Hal itu karena masih ditemukan tangkapan rokok ilegal yang dilakukan petugas Bea cukai.
“Setiap bulan selalu ada penindakan, modusnya berbeda-beda, terbanyak dari penyeberangan Madura yang transit ke wilayah kita, tapi di sekitar kita banyak yang transit dari e-commerce, banyak paketan-paketan ekspedisi,” Imbuhnya.

Masih kata Satriyo, cara mengenali rokok ilegal sangat mudah. Rata-rata yang ilegal tidak menggunakan pita cukai, selain itu merk rokok tersebut tidak familiar di telinga.

“Untuk pita cukai banyak yang dipalsukan, biasanya warnanya agak pudar, hasil scan atau fotokopi berwarna, ” Imbuhnya.
Petugas Bea Cukai sampai saat ini gencar memerangi peredaran rokok ilegal. Bahkan pada bulan Juli 2021, Bea Cukai memusnahkan belasan juta batang ilegal hasil tangkapan.
“Jadi bulan Juli itu kita sudah memusnahkan 11 juta batang,” Pungkasnya.(Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *