Sidang Paripurna, Bupati Mojokerto Sampaikan Jawaban atas pandangan Umum Fraksi Terkait Raperda P-APBD 2021

Sidang Paripurna, Bupati Mojokerto Sampaikan Jawaban atas pandangan Umum Fraksi Terkait Raperda P-APBD 2021

MOJOKERTO,INDEXBERITA.COM—  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mojokerto menggelar rapat paripurna dengan agenda jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi – Fraksi terhadap  Raperda P- APBD T.A 2021. Di ruang  Graha Whicesa  DPRD Kabupaten Mojokerto, Jl. RA Basoeni No. 35 Kecamatan Sooko, Mojokerto, Rabu (22/9/2021). 

Rapat paripurna yang dipimpin wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Setya Puji Lestari SE, didampingi Wakil Ketua DPRD, M.Subandi, HM. Soleh serta Bupati Mojokerto Hj.IkfIna Fatmawati dan Wabup Mojokerto M.  Barra LC.Mhum.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Mojokerto dalam masa PPKM Darurat ini dilakukan sesuai SOP pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu dengan menjaga jarak tempat duduk, dan dari 50 anggota DPRD Kabupaten Mojokerto yang boleh masuk ke ruangan rapat hanya perwakilan fraksi. Mereka adalah Fraksi PKB 6 orang termasuk pimpinan DPRD, Fraksi PDI-P 6 orang termasuk pimpinan DPRD, Fraksi Golkar 3 orang termasuk pimpinan DPRD, Fraksi Demokrat 3 orang termasuk pimpinan DPRD, Fraksi PAPI 6 orang, Fraksi PKS 2 orang dan Fraksi Nasdem 2 orang.

 

Dalam kesempatan itu,

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengucapkan dan penghargaan yang tinggi terhadap fraksi-fraksi DPRD kabupaten Mojokerto, yang telah menyampaikan pandangan umum terkait raperda perubahan APBD tahun 2021 pada tanggal 20 September 2021, semua masukan, saran, atau tanggapan tentang perubahan APBD sudah dipelajari dengan baik sesuai daberadsarakan pada instrumen yang disepakati bersama serta memenuhi kaidah majlis, administratif maupun tekhnis menggunakan norma dan prinsip transparansi dan akuntabel disiplin anggaran serta efektif dan efisien.

“Saya berharap dalam tataran hubungan kerja kemitra sejajaran akan semakin memberikan arti penting bahwa agenda kebijakan politik anggaran yang dilakukan melalui pembahasan bersama ini benar benar akan mampu melakukan fungsi-fungsi anggaran dalam rangka optimalisasi pelayanan publik guna mewujudkan kesejahteraan rakyat yang lebih baik,” ujarnya.

 

Bupati Ikfina menyampaikan penyagaran nota kesepahaman antara pemkab Mojokerto dengan pimpinan DPRD Kabupaten Mojokerto no 25 tahun 2021 dan no 15 tahun 2021 tentang kebijakan perubahan APBD tahun 2021 dan nota kesepakatan antara pemkab Mojokerto dengan pimpinan DRPD Kabupaten Mojokerto Nomor 26 tahun 2021 dan no 16 tahun 2021 tentang plafon anggaran sementara perubahan tahun anggaran tahun 2021 yang merupakan penjabaran dan perubahan Kabupaten mojokerto tahun 2021.

 

“Sebagaimana diketahui bahwa keduaa kesepakatan bersama tersebut secara subtansif memuat kebijakan daerah atas pendapatan, belanjan dan pembiayaan maupun prioritas maupun plafon anggaran sementara yang disusun berdasarkan program, kegiatan, dan sub kegiatan,” Katanya.

 

Kesepakatan bersama tersebut telah melalui porses pembahasan yang intensif dan dinamis antara tim anggaran pemerintah daerah dengan badan anggaran DPRD yang selanjutnya disepakati bersama dalam paripurna. Produk kesepakatan tersebut selanjutnya digunakan sebagai dasar dalam penyusunan draf raperda perubahan APBD tahun 2021,dengan mekanisme dan proses yang dimaksud kita semua baik eksekutif maupun legislatif menempatkan nilai konsistensi ke dalam substansi yang telah di sepakati bersama walaupun masih terdapat ruang untuk melakukan perubahan jika perubahan APBD di tahun 2021 terdapat kebijakan yang mengakibatkan perubahan pendapatan sehingga harus menyesuaikan struktur belanja maupun pembiayaan dengan tanpa mengubah kesepakatan bersama.

 

Dalam menyampaikan jawaban atau penjelasan, saran, kritk dan harapan atas rancangan peraturan tentang perubahan anggaran APBD tahun 2021 yang telah disampaikan dalam pandangan umum fraksi-fraksi, jawaban ini juga dalam dua dokumen, yaitu satu dokumen berupa memberi jawaban eksekutif merupakan naskah yang saya bacakan, dua, dokumen lampiran yang merupakan jawaban dan penjelasan, teridei dari lampiran satu fraksi partai PKB, lampiran dua fraksi partai PDI-P, lampiran tiga fraksi partai Golkar, lampiran empat fraksi partai Demokrat, lampiran lima fraksi partai, lampiran enam fraksi partai PKS dan lampiran tujuh fraksi partai Nasdem dan Hanura. Yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari eksekutif.

 

Secara garis besar bupati Ikfina memberikan jawaban atas pertanyaan Fraksi di DPRD kabupaten Mojokerto. Antara lain pertanyaan fraksi Golkar tentang kiat apa untuk tetap meningkatkan PAD di masa pandemi. Bupati Ikfina menyampaikan, dapat dijelaskan bahwa PPKM juga berdampak pada sektor pariwisata dikarenakan tempat wisata ditutup dan akses pembatasan jalan. adapun kiat kiat meningkatkan PAD di masa pandemi adalah pertama moderenisasi perpajakan daerah dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui peningkatan infrastruktur sistem aplikasi. Selain itu pembayaran pajak daerah dengan non tunai dengan melakukan perluasan canel pembayaran, serta mendorong OPD penghasil untuk melaksanakan pembayaran non tunai atau cashless dalam pembayaran retribusi daerah dengan menggunakan virtual account dan melalui QRIS antara lain pada restribusi pasar, pariwisata, Retribusi parkir, retribusi pembayaran kendaraan bermotor dan lain-lain.

 

Selain itu, Menanganggapi tanggapan fraksi golkar, dan fraksi Demokrat tentang penuruan pendapatan daerah pada APBD tahun 2021 dapat dijelaskan penurunan  tersebut dari pendapatan transfer antar daerah pada obyek pendapatan bagi hasil pajak dari propinsi dan bantuan keuangan dari propinsi mengalami penurunan sebesar Rp 39. 836.770.019.

 

Sementara itu, menanggapi pernyataan dari PDI-P lain-lain pendapatan yang sah mengalami kenaikan dapat dijelaskan terdiri dari beberapa obyek pendapat antara lain hibah, dana darurat dan lain lain pendapatnya sesuai perundang-undangan.

“Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kami menyadari bahwa terdapat kekurangan dalam penjelasan kami,” pungkasnya.(Syim/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *