Rapat Koordinasi Pengawasan Audit Kearsipan Internal Tahun 2022

Rapat Koordinasi Pengawasan Audit Kearsipan Internal Tahun 2022

MOJOKERTO,INDEX BERITA.COM—Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Deklarasi pencanangan terhadap program nasional tersebut dilakukan dalam forum Rapat Koordinasi Pengawasan/Audit Kearsipan Internal Tahun 2022, Kamis (1/9).

 

 

Forum yang berlangsung di ruang Sabha Mandala Madya, Kantor Pemkot Mojokerto ini bertujuan untuk mewujudkan sistem kearsipan yang lebih tertib dan disiplin. Hal itu mengingat arsip menjadi bagian penting dalam menjalankan sistem pemerintahan.

 

 

“Arsip dapat menjadi sumber informasi dan data yang valid dalam perencanaan pembangunan, perumusan kebijakan, dan pengambilan keputusan yang tepat di Kota Mojokerto,” ujar Wali Kota Ika.

 

 

Sehingga, di hadapan para Kepala OPD, Camat dan Kepala Sekolah se-Kota Mojokerto, wali kota meminta para pihak yang hadir untuk serius dalam implementasi komitmen tersebut.

 

 

Selain itu, amanat tertib arsip telah jelas tertera dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan serta Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Nomor 7 tahun 2017 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

 

 

“Ini adalah sebuah kewajiban, karena dasar hukumnya sudah jelas ada. Dan tertib kearsipan bukan sesuatu yang sulit, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan,” ungkap sosok yang akrab disapa Ning Ita.

 

 

Lebih lanjut, di tengah perkembangan zaman yang semakin modern saat ini, Ning Ita mengharapkan agar sistem kearsipan di Kota Mojokerto bisa memiliki kemampuan lebih. Yakni, tidak sebatas pada penyimpanan fisik saja, melainkan juga secara digital.

 

 

“Di Kota Mojokerto ini kita sudah memiliki Perwali No. 81 Tahun 2021 tentang Satu Data Kota Mojokerto, serta portal website SATIKOMO yang berkaitan dengan kebijakan informasi dan data secara digital,”

 

 

Pada forum tersebut juga diumumkan hasil audit kearsipan internal tingkat OPD Kota Mojokerto. Terdapat empat OPD peraih predikat “Sangat Baik (BB)” yaitu Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial dan P3K, dan Inspektorat Kota Mojokerto.

 

 

“Semoga OPD yang telah memperoleh predikat sangat baik ini bisa terus meningkatkan kinerjanya, dan menjadi motivasi bagi OPD lain. Sehingga ke depan predikat ini tidak hanya diraih empat OPD, tapi belasan lainnya juga bisa,” ujar Ning Ita setelah menyerahkan piagam penghargaan kepada para Kepala OPD terpilih. (Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *