Kebaikan Seorang Guru SMPN 2 Modongan Jenguk Muridnya Sedang Sakit

Foto. Kebaikan Seorang Guru SMPN 2 Modongan Jenguk Muridnya Sedang Sakit

Mojokerto – Budaya membesuk teman sakit merupakan budaya yang harus terus dipertahankan. Hal ini diajarkan Sekolah SMPN 2 Modongan Kecamatan Sooko Kab Mojokerto kepada muridnya.

Salah satu siswa yang sedang sakit M, Afwan Azzidan Akbar warga Dusun Kedawung Desa Gemekan Kecamatan Sooko Kab Mojokerto disambangi wali kelasnya dan perwakilan temanya.

“Hari ini kami menyambangi ananda Azzidan yang sedang sakit, semoga lekas sembuh,” ungkap Mey Puji Astutik Guru olahraga sekaligus wali kelasnya.

Ia juga mengatakan budaya atau pelajaran sambang teman sakit perlu dilestarikan.
Terlihat Puji membawakan parsel buah, snack, roti, minuman, bunga, hingga uang.

Tradisi atau budaya saling sambang atau menjenguk tetangga yang sedang sakit, hingga kini masih terlihat dan dipertahankan oleh masyarakat khususnya warga pedesaan.

“Ya budaya sambang teman sakit ini harus dilestarikan, kami juga memberikan pengajaran agar rasa peduli antar teman,” ujar Puji.

Ia juga mengingatkan tidak hanya kepada sesama teman sekolah, namun ketika ada tetangga yang sakit juga dijenguk. Menjenguk orang sakit juga di ajarkan oleh agama.

“Sekedar buah tangan / tali asih untuk membungahkan (menyenangkan hati) hati orang yang sedang sakit. Mereka menjenguk untuk menghibur dan meringankan beban serta untuk mendoakan,itu pahalanya besar,” terangnya.(Syim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *