Home / Daerah

Jumat, 16 Agustus 2019 - 07:57 WIB

Begini Cara Kodim 0815 Melatih Paskibraka Kota Mojokerto

Foto Begini Cara Kodim 0815 Melatih Paskibraka Kota Mojokerto

Foto Begini Cara Kodim 0815 Melatih Paskibraka Kota Mojokerto

Begini Cara Kodim 0815 Melatih Paskibraka Kota Mojokerto

Foto Begini Cara Kodim 0815 Melatih Paskibraka Kota Mojokerto

Mojokerto, Sorotindomedia.com  Kodim 0815 menugaskan Peltu Haryanto dan Serka I Made Arnawa untuk melatih Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kota Mojokerto. Pelatihan bagi anggota Paskibraka tersebut berlangsung di Lapangan Gelora Ahmad Yani, Kota Mojokerto.

Hal tersebut diungkapkan Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0815 Mojokerto, Kapten Arh Suminto saat ditemui di Makodim 0815 Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Jum’at (16/08/2019) siang.

Lebih lanjut Pasiops menuturkan, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kota Mojokerto ini bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 di Gelora A. Yani pada 17 Agustus mendatang.

Latihan ini bertujuan untuk melatih dan membentuk disiplin, loyalitas dan kekompakan, menggembleng daya tahan fisik dan ketangkasan serta membentuk ketahanan mental supaya lebih tangguh. “Melalui latihan ini akan membentuk karakter dan jiwa kepemimpinan siswa-siswi yang tergabung dalam Paskibraka, serta menghindari terjadinya kesalahan saat pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2019,” tegasnya.

READ  Kebakaran Tanah Kosong di Kojosari Hampir Hanguskan Rumah Kos

Terpisah, Batiops Kodim 0815 Mojokerto, Peltu Haryanto, saat dikonfirmasi, membenarkan adanya pelatihan Paskibraka Kota Mojokerto, yang sudah berlangsung sejak tanggal 1 hingga 12 Agustus, di Gelora A. Yani. “Untuk Tim Pelatih berasal dari Kodim 0815 dan Staf Satpol PP Kota Mojokerto, Mujiono,” terangnya.

Masih lanjutnya, latihan Paskibra diikuti 81 orang, terdiri dari Danki Paskibraka Kapten Arh Suminto Pasiops Kodim 0815 dan Iptu Sugeng Budi Santoso, SH., Panit-1 Lantas Polsek Jetis serta 75 orang perwakilan siswa-siswi SLTA se-Kota Mojokerto terdiri dari 38 putra dan 37 putri. Sedangkan untuk Pataka Paskibraka atau Pengawal Bendera berasal dari Kodim 0815 sebanyak empat orang, yakni Serda Zulkifli, Serda Ahmad Abduh, Serda Yoyo Kurniawan dan Serda Agung Setiya Budi.

READ  Kunjungan Kerja Ketua DPR RI Di Kabupaten Lamongan

Sejumlah 75 orang pelajar SLTA se-Kota Mojokerto tersebut terdiri dari SMAN 1 sebanyak 17 siswa, 16 siswa SMAN 2, dan 3 siswa SMAN 3 serta 8 siswa SMKN 1. Berikutnya 3 siswa dari SMKN 2 dan 4 siswa dari MAN 1. Kemudian 2 siswa SMA TNH, 3 siswa SMK Taman Siswa, 4 siswa SMA Darul Qur’an, 1 siswa SMA Katholik, 2 siswa SMK PGRI, 11 siswa SMA TAMSIS dan 1 siswa SMA ISLAM Brawijaya.

“Pelaksanaan latihan dimulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB, dengan materi pembinaan fisik lari jalan empat putaran lapangan Gelora dan materi PBB yang meliputi sikap sempurna/defile, jalan di tempat, langkah tegap/defile, belok kiri/kanan, buka formasi, penghormatan, dilanjutkan latihan pembawa bendera, pengibaran dan penurunan bendera. Semua materi tersebut, baik teori maupun praktek dilatihkan secara bergantian oleh Tim Kodim 0815 dan Satpol PP,” ungkapnya.

READ  Cegah Pelanggaran Lalu Lintas Kodim 0815/Mojokerto Periksa Kendaraan Bermotor Anggota

Untuk diketahui, kekompakan anggota Paskibraka tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat Paskibraka untuk melaksanakan tugas.

Perlu diingat juga, pelatihan Paskibraka tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan ini untuk menciptakan kader-kader terampil yang mengenal bangsanya sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik maupun mental yang cinta tanah air.

“Namun tentunya semua ikhtiar (latihan) ini harus dibarengi dengan do’a kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan dan kemudahan serta kelancaran dalam melaksanakan tugas pada Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2019 mendatang, baik saat pengibaran maupun penurunan bendera,” pungkas Peltu Haryanto.(Dim/Syim)

Share :

Baca Juga

Daerah

Korem 082/CPYJ Laksanakan Baksos Donor Darah Untuk Kemanusiaan
Kasrem 082/CPYJ ikuti Vicon Gubenur Jatim, Pandam V /Brawijaya dan Kapolda Jatim.

Daerah

Kasrem 082/CPYJ ikuti Vicon Gubenur Jatim, Pandam V /Brawijaya dan Kapolda Jatim.
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Di Ponpes Fatcul Ulum, Ini Pesan Danramil Pacet

Daerah

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Di Ponpes Fatcul Ulum, Ini Pesan Danramil Pacet

Daerah

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pasca Lebaran, Kapolda Jatim Tinjau Pos Check Point

Daerah

Hadapi New Normal, Ning Ita Resmikan Becak Tangguh Semeru

Daerah

Melalui Aplikasi Zoom Rapat Paripurna DPRD Kota Mojokerto Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi Atas Sembilan Raperda

Daerah

Tutup Bak Pembagi Air di Tuntaskan Hari Ini
340 prajurit dan PNS Korem 082/CPYJ, Kodim0815 Dan Balakrem 082, Mengikuti Penyuluhan Virus Corona

Daerah

340 prajurit dan PNS Korem 082/CPYJ, Kodim0815 Dan Balakrem 082, Mengikuti Penyuluhan Virus Corona