Home / Kepolisian

Senin, 1 Mei 2023 - 07:59 WIB

Berhasil Amankan Lebaran 2023, tingkat kepercayaan publik ke Polri meningkat menjadi 73,2%.

Foto Polres Mojokerto

Foto Polres Mojokerto

MOJOKERTO,INDEXBERITA.COM— Indeks kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus mengalami peningkatan signifikan. Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei tingkat kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum. Hasilnya, tingkat kepercayaan publik ke Polri meningkat menjadi 73,2%.

Survei ini digelar pada 11-17 April 2023 terhadap 1.220 responden. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh pewawancara yang terlatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti utama Indikator Burhanuddin Muhtadi mengungkap data yang dipaparkan sejak April 2014 sampai April 2023. Hasilnya pada April 2023, tren kepercayaan terhadap Polri meningkat berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, Minggu (30/4/2023),

READ  Ratusan Mahasiswa STAI Nurul Islam Mojokerto Deklarasi Pemilu Damai.

Peningkatan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah reformasi internal yang dilakukan oleh Polri dalam beberapa tahun terakhir. Reformasi ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, akuntabilitas, dan transparansi Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai institusi keamanan publik.

Selain itu, upaya Polri dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Terutama pada pelayanan selama Operasi Ketupat Semeru 2023 juga turut berkontribusi pada peningkatan kepercayaan ini. Dalam beberapa tahun terakhir, Polri telah melakukan sejumlah inovasi dalam hal pelayanan publik, seperti penerapan polisi ramah anak, polisi perempuan, dan polisi sosial.

Tidak hanya itu, Polri juga gencar melakukan kampanye dan sosialisasi terkait pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta mengedukasi masyarakat tentang cara melaporkan tindak kejahatan. Upaya ini bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri sebagai institusi keamanan publik yang dapat dipercaya dan diandalkan.

READ  Polda Jatim Dan Polres Mojokerto Serahkan Bantuan Program Air Bersih Untuk 2 Ribu Warga

Dalam survei LSI yang dilakukan pada bulan Maret-April 2023 ini, responden yang memiliki tingkat kepercayaan terhadap Polri paling tinggi berasal dari wilayah Sumatera dengan persentase 80,4%, disusul oleh Jawa dengan persentase 77,1%, dan Bali-Nusa Tenggara dengan persentase 70,2%. Sedangkan wilayah yang memiliki tingkat kepercayaan terendah adalah Papua dengan persentase 54,3%.

Meskipun terdapat peningkatan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri, masih terdapat beberapa isu yang perlu diperhatikan oleh Polri dalam menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Salah satunya adalah isu kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh oknum anggota Polri. Dalam hal ini Polri perlu melakukan tindakan tegas dan cepat dalam menindak anggota yang melakukan pelanggaran agar tidak merusak citra dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri secara keseluruhan.

READ  Jelang Nataru, Direktorat Polda Jatim Cek Jalan Rawan Macet di Perlintasan Rel Kereta Api 

Secara keseluruhan, peningkatan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat baik dan harus dipertahankan. Polri harus terus meningkatkan kualitas dan transparansi pelayanan publiknya serta melakukan tindakan tegas dalam menindak anggota yang melakukan pelanggaran. (Dikutip dari Detik.com tanggal 30 April 2023)

Share :

Baca Juga

Kepolisian

Sukses Gelar Ujian Kenaikan Sabuk dan Penurunan Kyu, Atlet Karateka INKANAS Mojokerto Raya di Aula Hayam Wuruk Polres Mojokerto Kota”

Kepolisian

Kapolda Jatim Letakan Batu Pertama Pembangunan Asrama Polwan Sawitri

Kepolisian

Blusukan, Jumat Curhat Tampilkan Budaya Mojopahit dan Bakti Sosial

Kepolisian

Polres Mojokerto Kota Musnahkan Ratusan Knalpot Brong, Razia Di Jalan Raya Akan Lebih Diintensifkan

Kepolisian

Cek Pos Ops Lilin Semeru, Kapolres Mojokerto Kendarai Roda Dua

Kepolisian

Bersama Media Polres Tanjungperak Sosialisasikan Operasi Patuh Semeru 2023 Cegah Fatalitas Lakalantas

Kepolisian

Antisipasi Kecurangan, Polres Mojokerto Sidak Seluruh SPBU Jelang Arus Mudik Lebaran”

Kepolisian

TNI POLRI Patroli Ketertiban Masyarakat Jelang Pemilu 14 Februari 2024