Home / Nasional

Rabu, 25 Oktober 2023 - 20:11 WIB

Peringatan HSN 2023, Gus Idzom : Mari berdo’a untuk Palestina

Peringatan HSN 2023, Gus Idzom : Mari berdo'a untuk Palestina!

Peringatan HSN 2023, Gus Idzom : Mari berdo'a untuk Palestina!

PACIRAN,INDEXBERITA.COM—Puluhan santri mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di PP. Sunan Sendang Roudlatut Thullab, Minggu (22/10/2023). Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah santri dan beberapa dewan asatidz dan ustadzat serta pengasuh. Peringatan HSN tahun ini mengusung tema “Jihad Santri Membangun Negeri”. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua PC MDS Rijalul Ansor, Ahmad Idzom Ubaidillah.

 

Dalam amanatnya, Putera dari KH. Salim Azhar yang akrab disapa Gus Idzom ini menyampaikan bahwa peringatan HSN merupakan satu kesempatan bagi para santri untuk kembali memperbaiki niat luhur dan semangatnya dalam mencapai tujuan. Sebagaimana para santri terdahulu yang bersemangat hingga ikut serta berjihad memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yakni jihad berupa perang dan diplomasi kemerdekaan. Pada masa kini, jihad santri berfokus pada persatuan dan pembangunan demi kemajuan bangsa.

READ  Polsek Kahayan Hilir Berikan Himbauan Pencegahan Virus Covid-19 Di Pasar

 

Gus Idzom menambahkan, jihad para santri di masa kini merupakan jihad yang lebih besar sebab yang harus dilawan adalah kemiskinan, kebodohan, dan penindasan.

Gus Idzom juga menyinggung tindakan Israel yang melakukan serangan ke Palestina baru-baru ini. Berbagai serangan Israel tersebut menyebabkan semakin banyaknya korban sipil dan juga penderitaan masyarakat Palestina.

 

“Apapun alasannya, tindakan kekerasan yang terjadi di Gaza tidaklah dibenarkan. Serangan demi serangan yang dilakukan oleh Israel hanya mengakibatkan penderitaan dan semakin banyaknya korban sipil.”

READ  Iklan Cukai Pemerintah Kabupaten Mojokerto Tahun 2023

 

Gus Idzom menegaskan, serangan terhadap masyarakat sipil jelas merupakan bentuk kedzoliman .

 

“Barang siapa yang ingin berkuasa dan semena-mena, berarti dia ingin menjadi Tuhan. Padahal tidak ada Tuhan selain Allah! Ini jelas pelanggaran terhadap hukum dan kemanusiaan ” tegas dia.

 

Karena itu, Gus Idzom menginstruksikan agar para santri selalu semangat dalam mencari ilmu dan juga selalu berdo’a dan memohon perlindungan atas semua muslim di dunia khususnya di Indonesia dan Palestina agar selalu diberikan kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi berbagai cobaan..

READ  Giat : Halal Bil Halal Virtual Ivo Sugianto Sabran Bersama TP PKK Gabungan.

 

“Sebagai sesama muslim dan sesama manusia, jangan hanya diam saja! Sudah seharusnya ada tindakan nyata yang bisa kita lakukan agar ujian yang dihadapi oleh penduduk Palestina itu bisa segera reda. Setidaknya sempatkan di setiap do’a kalian untuk mendo’akan agar mereka diberi kekuatan yang lebih dan kesabaran yang tak berbatas.” ujar dia.

 

Dalam kegiatan tersebut, turut diperdengarkan orasi lantang dari Bung Tomo ketika membakar semangat para warga Surabaya setelah peristiwa revolusi jihad yang kemudian melatarbelakangi penetapan HSN. Sebelum pelaksanaan upacara, juga ditampilkan kesenian santri PP. Sunan Sendang Roudlatut Thullab.

 

 

 

Red : A Salam

Share :

Baca Juga

Nasional

Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo, Salurkan Sesuai Data Akurat.

Nasional

Audiensi BP2MI, Kapolri Tekankan Pentingnya Perlindungan dan Pencegahan Penyelundupan PMI

Nasional

Polda Kalteng Bersama  Danrem 102/PP, Bagi Nasi Kotak untuk Sahur.

Nasional

PKS Menolak Keras RUU HIP, Kenapa?

Nasional

Panglima dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Ribuan Anggota untuk Persiapan Pengamanan Mudik Lebaran

Nasional

Siapakah Sebagai Panggung Sandiwara Merong , Razia Buka Tutup 

Nasional

Polri: Interpol Telah Terbitkan Yellow Notice Pencarian Anak Ridwan Kamil

Nasional

Bhabinkamtibmas Sei Rungun Sosialisasi Saber Pungli Kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa di Desa Binaan