Home / Daerah

Jumat, 7 Mei 2021 - 05:58 WIB

Ning Ita Sidak Prokes Dan Stabilitas Komoditas Jelang Lebaran

Mojokerto Kota .Indexberita.com
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bergerak cepat melihat penerapan protokol kesehatan (prokes) covid-19 di beberapa tempat perbelanjaan diabaikan oleh penanggungjawab toko. Ini diketahui saat pemerintah daerah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaksanakan inspeksi mendadak di sejumlah pusat perbelanjaan, Kamis (6/5/2021).

Inspeksi di pusat perbelanjaan ini, dilakukan oleh seluruh Forkompinda dan Satgas Penanganan Covid-19 menjelang perayaan Idul Fitri untuk mencegah terjadinya kerumunan. Mengingat, kondisi pandemi belum berakhir masyarakat diminta untuk tetep menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Baik di rumah, kantor maupun pusat perbelanjaan.

“Kami hari ini melakukan inspeksi mendadak di sejumlah pusat perbelanjaan. Biasnaya, menjelang Lebaran masyarakat berbondong-bondong belanja untuk merayakan di rumah. Saat kami meninjau beberapa lokasi, terdapat satu outlet di mall yang mengabaikan prokes. Ini yang harus diwaspadai, terlebih kondisi saat ini masih pandemi,” terang Ning Ita.

READ  Disperindag Kabupaten Mojokerto Sidak Harga Minyak Goreng di Pasar Kedung Maling, Pedagang Tahu Menangis

Wali kota perempuan pertama di Mojokerto ini pun, juga menghimbau kepada seluruh masyarakat jika menemukan outlet-outlet di pusat perbelanjaan tidak menerapkan protokol kesehatan, diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan secara mandiri. Sebab, saat ini kekebalan imunitas secara komunal melalui vaksinasi belum terbentuk secara sempurna. Sehingga, kewaspadaan masyarakat masih diperlukan.

Tidak hanya protokol kesehatan yang menjadi fokus utama dalam inspeksi mendadak kali ini. Melainkan, pemerintah daerah juga memastikan ketersediaan komoditas di pasar tradisional maupun modern dapat terpenuhi. Selain itu, stabilitas harga dipastikan oleh Ning Ita dalam kondisi aman hingga Lebaran.

READ  Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan, Pemkab Dan TNI-Polri Apel Di Makodim

“Sebelum ke pusat perbelanjaan dan pasar modern, kami meninjau beberapa pedagang di pasar tradisional untuk memastikan harga komoditas. Apakah ada kenaikan atau penurunan. Ternyata, banyak komoditas yang mengalami penurunan. Sedangkan yang naik, hanya satu dua jenis saja. Dan kami memastikan, ketersediaan barang-barang komoditas masih aman sampai lebaran,” jelas Ning Ita.

Tidak hanya mengecek ketersediaan komoditas, Ning Ita beserta jajaran juga memastikan produk-produk yang dijual memiliki tanggal kadaluarsa dengan jelas. Serta produk-produk berlabel halal dan non-halal memiliki tempat yang terpisah. Sehingga masyarakat dapat berbelanja dengan aman, nyaman tanpa ada rasa khawatir. “Kami pastikan, produk yang masa kadaluarsa tidak ada, kami minta untuk tarik dari etalase,” pungkasnya.

READ  Eks Persebaya 1927 dan PSMP Arsiteki AC Majapahit

Selain pengecekan masa kadaluarsa produk, Ning Ita juga menguji beberapa makanan dan minuman. Hal ini, untuk memastikan kualitas produk makanan atau minuman tidak tercampur bahan-bahan kimia berbahaya. Misalnya seperti formalin dan boraks. Uji sample makanan dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, di pasar tradisional, pasar modern dan mini swalayan. Hasilnya, produk-produk yang dijual aman untuk dikonsumsi serta tidak mengandung bahan kimia berbahaya. (rn)

Share :

Baca Juga

Koramil 02 Trowulan Semarakkan Karnaval HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Daerah

Koramil 02 Trowulan Semarakkan Karnaval HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Daerah

Harapannya IKBAR, Indonesia Jadi Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur Utamanya Kabupaten Mojokerto pasti Terwujud.

Daerah

PUNCAK PERINGATAN HKN KE-58, WALI KOTA MOJOKERTO RESMIKAN GEDUNG BARU DUA PUSKESMAS  
Dandim 0815/Mojokerto Beserta PJU Olahraga Bersama Pengurus KUD MPS Gondang

Daerah

Dandim 0815/Mojokerto Beserta PJU Olahraga Bersama Pengurus KUD MPS Gondang
Danrem 082/CPYJ Dampingi Kunjungan Kadispenad di Lokasi TMMD Jombang

Daerah

Danrem 082/CPYJ Dampingi Kunjungan Kadispenad di Lokasi TMMD Jombang

Daerah

Danrem 082/CPYJ Hadiri Penutupan dan Penyerahan Hasil TMMD Ke 112 Kodim 0809/Kediri

Daerah

Persit Koorcabrem 082 PD V Brawijaya Jaga Kebugaran Melalui Senam Bersama

Daerah

Perayaan Paskah : TNI – Polri Di Mojokerto Raya Sterilkan & Amankan Gereja