Home / Daerah

Rabu, 15 Maret 2023 - 17:37 WIB

Barracuda Indonesia Hadi Purwanto, Kupas Dana BK Desa Rp 71,6 M Tahun 2O22

Utama

Foto. Barracuda Indonesia Hadi Purwanto Audensi  bersama insan pers soal  kupas dana BK

Mojokerto.Indexberita.com Barracuda Indonesia, Hadi Purwanto bersama  insan Pers menggelar Audensi bersama Bupati Mojokerto sangat mengecewakan ,pasalnya hanya ditemui oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto, Nugraha Budi Sulistya dan Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Mojokerto, Yurdiansyah, di ruang  DPMD Kabupaten Mojokerto pada Rabu(13/3/2023)

Pada Materi yang akan kami kupas dalam audensi kali ini mengenai partisipasi masyarakat pelaksanaan dan pemanfaatan Bantuan
Keuangan kepada Desa (BK DESA) yang bersumber pada Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja
Daerah (P-APBD) Tahun 2022 Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto dengan total anggaran sebesar Rp
71,6 Miliar yang diperuntukan bagi 196 Desa yang tersebar pada 18 Kecamatan di Kabupaten Mojokerto.
Sebelumnya Pengajuan audensi diterima oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, dan akan digelar hari ini Rabu 15 Maret 2023 Pukul 09.00 WIB – selesai, nyatanya Bupati tidak hadir.
Hadi Purwanto menyatakan bahwa kegiatan audiensi hari ini sangat lucu sekali. Bupati dan Wakil Bupati tidak mau menemui rakyatnya sebagai bentuk tanggung jawab mereka terkait penganggaran BK Desa Rp 71,6 miliar tahun 2022.
“Jadi anggaran tersebut sudah habis, tetapi pemimpin kita dengan berbagai alasan tidak mau menemui kita. Kan kita sudah pamit hari ini, nanti pasti ada laporan pidana untuk kades-kades yang telah menyalahgunakan anggaran dan wewenangnya,” ungkap Hadi Gerung .
Dari  tanggapan Kabag Pembangunan tadi jauh dari semua regulasi. Ada ketakutan kepada atasan. Inilah yang lucu di Pemerintahan Kabupaten Mojokerto ini.

READ  Ketua Persit KCK Koorcabrem 082 PD V Brw, Buka Pelatihan Posbindu PTM

“Di undang-undang jelas, menyarankan masyarakat untuk berperan aktif terutama pada pencegahan tindak pidana korupsi. Hari ini adalah cermin Kepala Daerah kita. Mereka bukan seorang pemimpin yang baik,” tegas Hadi Gerung.
Lebih jauh dikatakannya, selama ini ada temuan beberapa camat yang memang mengintervensi para Kepala Desa Baru. Jadi seolah-olah Desa yang mengerjakan BK Desa, padahal Camat dan kroninya yang menjalankan proyek BK Desa tersebut
“Juga ada beberapa persatuan Kepala Desa yang bermain dalam BK Desa Mojokerto. Nanti akan kita buktikan secara ilmiah. Pasti ada kerugian negaranya. Kita hari ini berusaha tidak mengungkap per desa, namun ada motif besar dari perencanaan BK Desa di Mojokerto. Mulai dari faktor kedekatan, unsur-unsur kolusi dan nepotisme. Hal itu yang akan kita kembangkan,” tandas Hadi Gerung.
Dalam audiensi, Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Mojokerto, Yurdiansyah menjelaskan, BK Desa adalah salah satu program Bupati Mojokerto untuk akselerasi percepatan pembangunan di desa agar APBD Desa untuk membangun sarana dan prasarana bisa memadai.”terangnya(Syim)

READ  Wali Kota Mojokerto Meresmikan Pengolahan Air Limbah Ipal Komunal

Share :

Baca Juga

Disambangi Dandim 0815, Mbah Paining Penerima Bantuan Rutilahu Sangat Terharu

Daerah

Disambangi Dandim 0815, Mbah Paining Penerima Bantuan Rutilahu Sangat Terharu

Daerah

Panglima TNI dan Kapolri Berikan Semangat Petugas dalam Penanganan Covid-19 di Bangkalan
HUT RI Ke-74 Danramil 0815/14 Dlanggu Ziarahi Makam Pejuang

Daerah

HUT RI Ke-74 Danramil 0815/14 Dlanggu Ziarahi Makam Pejuang

Daerah

Apel Siaga Bencana, Sinergitas Forkopimda Kota Mojokerto Siapkan Tindakan Preventif 

Daerah

Kapolres Mojokerto Terima Kunjungan Bawaslu Kabupaten Mojokerto.

Daerah

Sat Lantas Polres Mojokertokota : Selamat Idul Fitri 1440 H

Daerah

Danrem 082/CPYJ Ajak Perwira Refresing

Daerah

Mojotirto Festival, Trigger Bangkitnya Ekonomi Kepariwisataan Kota Mojokerto