Home / Politik

Kamis, 23 Mei 2024 - 15:11 WIB

Bupati Mojokerto Dorong Forikan untuk Tingkatkan Konsumsi Ikan Demi Perbaikan Gizi Masyarakat

MOJOKERTO,INDEXBERITA.COM — Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri Rapat Kerja (Raker) Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) di Pendopo Graha Maja Tama. Acara ini dihadiri oleh berbagai perwakilan dari instansi terkait, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Mojokerto tentang pentingnya mengkonsumsi ikan guna memperbaiki gizi dan kesehatan masyarakat.

 

READ  Saling Berebut Rekom, Ikfina Fahmawati dan Gus Barra Ramaikan Pendaftaran Pilkada 2024 di PKB

Bupati Ikfina menekankan pentingnya tindak lanjut pelatihan pengelolaan ikan pasca panen untuk meningkatkan nilai jual ikan. Dia juga meminta agar Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto segera menangani masalah ini. Selain itu, Bupati mendorong Forikan agar lebih aktif dalam mempromosikan konsumsi ikan, terutama di kalangan ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan lansia.

READ  Pemkot Mojokerto Berkomitmen ciptakan iklim penanaman modal

 

Salah satu masalah yang dihadapi adalah kurangnya bahan baku untuk sambel wader, makanan khas Mojokerto. Oleh karena itu, Bupati Ikfina menyarankan pemijahan ikan wader di sungai-sungai yang dilindungi.

 

Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga telah melakukan studi banding ke Sukabumi, Jawa Barat, untuk belajar tentang budidaya ikan air tawar, dengan harapan dapat meningkatkan produksi ikan di daerahnya. Dengan ini, Mojokerto berupaya meningkatkan konsumsi ikan, yang saat ini berada di angka 48,17 kg per kapita per tahun, mendekati rata-rata nasional.

READ  Rombongan Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto di Sambut Sekretariatan DPRD Kota Madiun Bahas Rapat Kordinasi

 

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta budaya makan ikan di Mojokerto, yang diharapkan dapat membantu menurunkan angka stunting dan meningkatkan gizi masyarakat secara keseluruhan.(Syim/ADV)

Share :

Baca Juga

Politik

Rapat selama empat hari, DPRD Kota Mojokerto Menyetujui Raperda TA 2021

Politik

Mengenal Sosok Dodi Nanariain Bakal Calon Wakil Bupati KKT Mendapingi Petrus Fatlolon

Politik

Jelang Pemilu 2024; , KPU Kab Mojokerto Gelar Gathering menggandeng wartawan untuk berikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,

Politik

Bandung Lautan IKBAR Sukseskan 9 Desember 2020.

Politik

Ning Ita Serahkan Lencana dan Piagam Penghargaan

Politik

Pemkab Mojokerto Laksanakan Musrenbang RKPD 2023

MOJOKERTO

Surat Suara Telah Tiba, Mas Pj. Wali kota Mojokerto – Pemilihan Umum Telah Memanggil Kita

Politik

Pansus BPRS Mojo Artho Moeljadi, S.H. Sampaikan Rekomendasi