Home / Pemerintah

Senin, 3 Juni 2024 - 19:44 WIB

Pelantikan Lima Orang PKD Kecamatan Lilialy, Demokrasi Harus Di Tegakan

Utama

Foto. Pelantikan Lima Orang PKD Kecamatan Lilialy, Demokrasi Harus Di Tegakan

Maluku, indexberita.com – Pelantikan Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se-Kecamatan Lilialy dan Bimtek persiapan Pemilihan Umum 2024 diselenggarakan di Desa Waimiting Kecamatan Lilialy Kabupaten Buru.

Kegiatan pelantikan yang berlangsung pada Minggu (2/6) Sore di Aula kantor Desa Waimiting dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Buru Adi Bin Thalib, tokoh masyarakat, tokoh agama dan Pemerintah Desa Waimiting dan Pemerintah Desa Jikumerasa.

Adapun peserta PKD yang mengikuti proses pelantikan dari lima desa yang ada di Kecamatan Lilialy yang dilantik diantaranya:

READ  Mas Pj Wali Kota Mojokerto Ajak Pelajar Budayakan Bersepeda

Desa Ubung, Nasrun Buton
Desa Jikumerasa, Julkardi Tala
Desa Waimiting, Rahmat Agung Mukaddar
Desa Sawa, Darti Umasugi
Desa Waiperang, Sandi Buamona.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panwascam Karim Buton S.Pd, yang juga merupakan kordiv SDM menyatakan bahwa PKD harus memiliki integritas yang tinggi dan terukur dalam membangun sebuah hubungan yang baik dengan masyarakat dimana tempat kalian para PKD bertugas.

“Ingat menjadi seorang PKD harus memiliki insting yang tepat menjalin kerjasama yang baik dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa setempat untuk menjaga sinergritas pengawas dan penyenggara untuk melahirkan pemilukada yang berkualitas,”jelas ketua Panwascam Lilialy.

READ  Wabup Subandi Mengunjungi korban Puting Beliung Desa Kedung Wonokerto, Prambon

Selain itu Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas & Humas (HP2H)
Panwascam, Gahar Masbait S.P, juga menyebutkan PKD yang dilantik hari ini harus menjunjung tinggi nilai-nilai dan etika hukum dalam menjaga protap pada pemilukada bebas dari interfensi politik siapa pun.

” Sehingga tidak ada peserta baik itu kandidat maupun timsus Gubernur, Wakil Gubernur Bupati, Wakil Bupati yang melanggar peraturan sesuai UU yang berlaku pada Pemilukada yang kita hadapi nantinya karena kita diharuskan untuk menegakan demokrasi yang baik di negara ini”, tegas Masbait.

READ  Bupati Jombang Meresmikan Pasar Loak Paling Lengkap di Tunggorono

Peserta PKD yang mengikuti bimtek juga diberikan penguatan pengawasan lapangan melalui Koordinator Devisi Penanganan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Panwascam, Ansyar Barges,SE.

Dia meminta jajaran Pengawas Kelurahan Desa untuk menguatkan pemahaman terkait kompetensi pengawasan pemilukada mengingat tahapan Pemilu 2024 semakin krusial.

Sesaat lagi akan memasuki tahapan pengawasan kampanye, pengawasan pencetakan logistik dan distribusi logistik, lalu masuk pada tahap pemungutan hingga rekapitulasi suara.

” Tahapan pemilukada sudah sangat ketat, kita perlu memastikan penguatan pemahaman yang kuat. Kemampuan kuat untuk melakukan kerja-kerja pengawasan guna efektifitas pencegahan dan penindakan”, terangnya.

 

Red : K Facey

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Gus Muhdlor Targetkan Jembatan Shirotol Mustaqim Klurak Rampung Akhir November

Pemerintah

Turunkan Stunting AKB Dan AKI (Sehati), Pemkab Mojokerto Edukasi Ibu Di Mojosulur

Pemerintah

Khofifah Tinjau Pabrik Pengolahan Limbah B3 di Mojokerto: Meningkatkan Pemanfaatan dan Perlindungan Lingkungan

Pemerintah

Peringati HUT SATPOL-PP Ke-74, Bupati Ikfina Harapkan Kualitas Tugas Abdi Negara Terus Ditingkatkan

Pemerintah

DPRD Gelar Rapat Paripurna, Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-731 dengan Semangat Pembangunan”

Pemerintah

Kota Mojokerto Panen Lima Penghargaan dalam Sehari

Pemerintah

146 Desa di Kabupaten Mojokerto Terima Bantuan Keuangan Rp.63,5 Miliar

Pemerintah

Bupati Ikfina Serahkan Bansos Insentif Guru TPQ