Home / MOJOKERTO

Jumat, 28 Juni 2024 - 16:26 WIB

Perhutani KPH Mojokerto dan Masyarakat Desa Cupak Gelar Acara Sedekah Bumi di Gunung Pucangan

Utama

Foto. Perhutani KPH Mojokerto dan Masyarakat Desa Cupak Gelar Acara Sedekah Bumi di Gunung Pucangan

Mojokerto.Indexberota.com Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto bersama Forkopimcam Ngusikan dan masyarakat Desa Cupak di Gunung Pucangan, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang menggelar acara sedekah bumi di lokasi wisata religi Gunung Pucangan, Petak 11C, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Katemas, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tapen pada Kamis (27/06).

Kepala KPH Mojokerto yang diwakili oleh Bani Martani, Kepala BKPH Tapen, menyampaikan bahwa kehadiran Perhutani dalam acara ini merupakan upaya untuk membangun komunikasi dan membina harmonisasi dengan masyarakat desa hutan (MDH). “Kami berharap kegiatan ini dapat berdampak positif pada setiap aktivitas Perhutani di lapangan,” ujarnya.

READ  Perhutani Mojokerto Disambangi Ditjen PSKL KLHK Terkait IPHPS

“Acara sedekah bumi ini juga merupakan tradisi untuk mengekspresikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah rahmat, rezeki, dan hasil panen tahun ini,” tambah Bani Martani.

Kegiatan sedekah bumi ini telah menjadi bagian dari warisan budaya lokal yang dilestarikan dan diadakan setiap tahun di Wisata Religi Gunung Pucangan, yang menjadi ikon kearifan budaya lokal yang dapat dinikmati oleh pengunjung setiap tahunnya.

READ  Bupati Mojokerto Menyemarakkan Ramadan dengan Kebaikan dan Kepedulian Bersama 225 Anak Yatim se-Eks Karesidenan Mojokasri

Kepala Desa Cupak, Winarsono, menyatakan komitmen Pemerintah Desa Cupak untuk terus melestarikan budaya leluhur melalui situs Gunung Pucangan serta menjaga kawasan hutan di sekitar desa dan Gunung Pucangan. ”Gunung Pucangan telah menjadi ikon Desa Cupak. Kami sangat menghargai adat istiadat yang telah turun-temurun di masyarakat kami,” kata Kepala Desa Cupak, Winarsono.

READ  Kapolres Mojokerto Pantau Jalur Ekstrem Mojokerto - Batu di Operasi Ketupat Semeru 2024

Winarsono menambahkan bahwa secara geografis, Desa Cupak terletak di wilayah utara Jombang yang berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Lamongan. Sebagian besar wilayah desa merupakan kawasan hutan dan pegunungan yang berada di bawah pengelolaan Perhutani KPH Mojokerto.

Meskipun begitu, Desa Cupak dikenal luas oleh masyarakat karena keberadaan situs Gunung Pucangan yang merupakan peninggalan sejarah dari zaman Raja Airlangga. ”Pada malam tertentu, para pengunjung sering mengunjungi makam Dewi Kilisuci, anak perempuan semata wayang Raja Airlangga. Kunjungan ini paling ramai pada malam Kamis Kliwon dan Jumat Legi,” tambahnya.

Share :

Baca Juga

Kepolisian

Gelar Upacara Kenaikan Pangkat, Kapolresta Mojokerto Beri Apresiasi 63 Personil

MOJOKERTO

Pj Walikota Mojokerto Ali Kuncoro Apresiasi Peran Pilar-Pilar Sosial dalam Peringatan HKSN

MOJOKERTO

Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ajak PWI Dialog dan Berbuka Bersama

MOJOKERTO

Safari Ramadhan, Polres Mojokerto Kota Kunjungi Pondok Pesantren

MOJOKERTO

Giat Pengamanan: Bhabinkamtibmas Desa Trowulan Bagikan Bantuan Beras kepada Warga Kurang Mampu

MOJOKERTO

Wihara Buddhayana Kota Mojokerto Gelar Pendarasan Tripitaka dan Upacara Garbhadana Selama Tujuh Hari

MOJOKERTO

Satpol PP Kabupaten Mojokerto Berikan Peringatan Keras kepada Penyelenggara Usaha Hiburan yang Melanggar Aturan selama Ramadhan

Kepolisian

Awali Tugas di Bumi Majapahit, Kapolresta Mojokerto Jalin Sinergi Bersama Tokoh Agama
?>