Home / Daerah

Rabu, 8 Juni 2022 - 13:51 WIB

Permudah Informasi Perencangan Kota Tepat Sasaran, Bappedalitbang Punya MAGIS

Foto : Sosialisasi aplikasi MAGIS di Aula Bappedalitbang Kota Mojokerto

MOJOKERTO,INDEXBERITA.COM—Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Mojokerto menggelar sosialisasi inovasi MAGIS (Mojokerto Kota GIS), diikuti  perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, Rabu (7/06/2022).

MAGIS adalah sistem informasi yang menyajikan data  dan informasi Geospasial yang mendukung  proses perencanaan  pembangunan. MAGIS memberikan layanan DG/IG berupa peta dasar, peta rencana, peta tematik, dan peta analisis yang di wilayah Kota Mojokerto.

READ  Komisi I DPRD Kota Mojokerto dari fraksi PAN Tanggapi komentar dari masyarakat akibat kebakaran di TPA Randegan 

“Aplikasi MAGIS dapat menumbuhkan  paradigma perencanaan  pembangunan  berbasis Geospasial sehingga  pengambilan  kebijaan lebih tepat  karena perencanaan yang tepat sasaran dan berdasarkan data yang akurat”, jelas Kepala Bappedalitbang Agung Moeljono.

Lebih lanjut disampaikan bahwa data spasial lebih muda untuk dibaca karena data  yang disajikan tidak hanya berupa angka atau grafik saja, tapi data tersebut sudah berupa peta.

READ  Danramil 0815/12 Ngoro Bekali Satlinmas Materi Bela Negara

“Dengan aplikasi MAGIS ini yang berbasis arcgis online data disajikan dalam bentuk peta dan grafik yang terdapat atribut  informasi dan titik lokasi sehingga lokasi data lebih jelas” terang Agung.

Sebagai informasi, Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah  sistem informasi  pemetaan berbasis komputer yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan  data bereferensi   geografis atau data spasial , untuk  mendukung  pengambilan keputusan, perencanaan dan pengolahan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota dan pelayanan umum lainnya.

READ  Persit Koorcabrem 082 PD V Brawijaya Ikuti Webinar Meningkatkan Kreativitas dan Produktifitas yang Berwawasan Kebangsaan

Teknologi Sistem Informasi  Geografis  juga dapat digunakan untuk investigasi  ilmiah pengelolaan  sumberdaya, perencanaan pembangunan,  kartografi  dan  perencanaan rute. Hasil akhir dari proses GIS diwujudkan dalam peta atau grafik.  Peta sangatlah  efektif untuk menyimpan, memvisualisasi  dan memberikan  geografis

Share :

Baca Juga

Daerah

Dalam Sehari, Ning Ita Sabet Dua Penghargaan Bergengsi Pada Peringatan HKN

Daerah

Inovasi Gayatri Masuk Top 99 Pelayanan Publik Kemenpan RB, Jadi Kado Istimewa HUT Kota Mojokerto 
Babinsa Koramil Kota Bersama Tiga Pilar Kranggan Gelar Rakor

Daerah

Babinsa Koramil Kota Bersama Tiga Pilar Kranggan Gelar Rakor

Daerah

Bupati Ikfina Resmikan Pendapa Balai Desa Begaganlimo

Daerah

Danrem 082/CPYJ Ajak Staf Gowes Bareng Jaga Imunitas Tubuh

Daerah

Kasiter Korem 082/CPYJ Ikuti Sosialisasi Vaksin Covid-19 Secara Virtual

Daerah

Reses Partai Gerindra Serap Keluhan Terkait BPJS Kesehatan

Daerah

Satlantas Polres Mojokerto Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhon 1440 H