Home / Pemerintah

Rabu, 1 Mei 2024 - 18:24 WIB

Bupati Mojokerto Edukasi Ibu Hamil, Balita, dan Lansia untuk Turunkan Angka Stunting dan Tingkatkan Kesehatan Lansia”

Utama

Foto. Bupati Mojokerto Edukasi Ibu Hamil, Balita, dan Lansia untuk Turunkan Angka Stunting dan Tingkatkan Kesehatan Lansia”

Mojokerto.Indexberita.com Pada Rabu pagi, (1/5/2024) Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memimpin kegiatan edukasi yang bertajuk SEHATI (Selasa Sehat Turunkan Stunting AKB dan AKI) dan SEJOLI (Selasa Sehat Jaga Lansia Mandiri) di Balai Desa Randegan, Kecamatan Dawarblandong. Fokus kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada ibu hamil, balita, dan lansia tentang pentingnya pola makan sehat, pemeriksaan rutin kesehatan, dan peran aktif dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga.

READ  Bupati Mojokerto Peduli Kecelakaan Truk Tangki Air Pacet

Bupati Ikfina menegaskan pentingnya asupan gizi yang mencukupi bagi ibu hamil dan balita. Ia menyampaikan bahwa ibu hamil harus memperhatikan Indeks Lingkar Lengan Atas (LILA) tidak kurang dari 23,5 cm, serta memberikan ASI eksklusif selama enam bulan setelah melahirkan. Untuk balita, ditekankan pemberian makanan bergizi seimbang yang kaya protein sebagai zat pembangun, serta pentingnya pemeriksaan rutin kesehatan.

READ  Wali Kota Ning Ita Bagikan Dana Hibah ke Musala di Bulan Ramadhan

Selain itu, perhatian juga ditujukan kepada lansia, dengan dorongan agar mereka mandiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bupati menekankan pentingnya pemeriksaan rutin seperti tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Upaya ini sejalan dengan komitmen pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk menurunkan angka stunting dan meningkatkan kesehatan lansia.

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengingatkan bahwa stunting dapat menghambat perkembangan otak anak hingga 20% di atas standar, dan bahwa masa kritis perkembangan otak anak adalah hingga usia lima tahun. Oleh karena itu, ia mendorong agar ibu hamil tidak kekurangan gizi dan aktif mengikuti program kesehatan.”jelasnya

READ  Mandeknya Proyek Taman Bahari Mojopahit (TBM) Soroti DPRD Kota Mojokerto: Bentuk Tim Pansus Dalam Rekomendasi"

Kepala Desa Randegan, Bpk. Gathot Dwitanto, menyampaikan apresiasi atas kehadiran Bupati dan timnya dalam kegiatan tersebut. Data terbaru menunjukkan bahwa Desa Randegan mencatat jumlah balita stunting nihil, hasil dari upaya-upaya pencegahan yang telah dilakukan.”jelasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah para kepala dinas, camat, kepala desa, serta perwakilan dari berbagai instansi terkait, yang bersama-sama berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Mojokerto.(Syim)

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Bupati Lamongan Senam Bersama Untuk Memperingati HAORNAS Ke 40

Pemerintah

PERTURA, di Pasar Ketidur, Hadirkan Ludruk Karya Budaya Di Hadiri Ning Ita 

Pemerintah

Peringati HUT SATPOL-PP Ke-74, Bupati Ikfina Harapkan Kualitas Tugas Abdi Negara Terus Ditingkatkan

Pemerintah

Wali Kota Mojokerto Buka Bimtek Aplikasi SRIKANDI untuk Efisiensi Kearsipan Pemerintah Kota Mojokerto

Pemerintah

Pj Wali Kota Mojokerto Tanggap Cepat Datangi Kebakaran di RS Gatoel: Tim Polres Selidiki Penyebab

Pemerintah

Barracuda Mojokerto  Mengundang Buka Bersama Dengan Awak Media

Pemerintah

Tinjau Tiga Pasar di Mojokerto, Pj Wali Kota Mojokerto Pastikan Harga Bahan Pokok Masih Stabil

Pemerintah

Promosikan Makanan Khas Mojokerto, Bupati Ikfina Ngulek Sambel Wader di Majafest 2023